10 Tips Agar Layar Smartphone Selalu Terlihat Seperti Baru

PULSAPERMATA.COM - Selain dapur pacu dan baterai, salah satu komponen penting dalam smartphone adalah layar. Beragam resolusi dan teknologi layar mulai banyak diimplementasikan oleh vendor. Dengan fakta bahwa jajaran smartphone saat ini dibekali dengan layar sentuh, maka perawatan pada layar membutuhkan perhatian khusus.

Meski layar smartphone kamu dibekali dengan lapisan Gorilla Glass atau Dragontrail, jika kamu tidak merawatnya dengan benar pasti performa layarnya akan menurun. Berikut ini cara untuk merawat layar sentuh smartphone dengan benar.


Cara Merawat Layar Smartphone

Karena sering bersetuhan langsung dengan tangan kamu, layar sentuh smartphone rentan mengalami berbagai masalah. Dari noda bekas jari yang menempel dengan bandel, goresan, bahkan hingga hilangnya respon layar karena terlalu banyak menerima tekanan. Makanya, kamu harus mengetahui cara merawat layar smartphone dengan benar.

 

1. Bersihkan Layar Dengan Kain Lembut

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru

Penggunaan layar sentuh di smartphone membuat jari dan layar smartphone harus bersentuhan langsung, sehingga kadang meninggalkan noda di layar. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan kain lembut seperti kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Penggunaan kain kasar dan tisu akan membuat layar kamu tergores. Males banget kan kalo layar smartphone tergores saat dibersihkan?

 

2. Gunakan Gel Alkohol Untuk Bersihkan Layar

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-2

Meski zat cair dinilai berbahaya bagi smartphone, namun cairan alkohol aaat membersihkan layar sangat membantu. Tuangkan gel alkohol (seperti gel pembersih tangan) pada kain pembersih, bukan pada layar. Lalu mulai bersihkan dari pemukaan tengah layar smartphone kamu dahulu, baru kemudian ke tepi sebagaimana kamu membersihkan lensa kacamata.

 

3. Jangan Menekan Layar Terlalu Kencang

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-9

Jangan menekan permukaan layar terlalu kencang. Selain smartphone sekarang sudah dibekali layar sentuh kapasitif yang responsif, tindakan menekan layar smartphone terlalu kencang akan berbahaya bagi panel layar smartphone kamu. Sentuh sewajarnya saja. Dan lagi, ada alasan kuat kenapa layar touchscreen hanya merespon jari manusia.

 

4. Jangan Gunakan Kuku

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-3

Vendor merancang layar smartphone buatannya untuk merespon terhadap sentuhan jari, bukan kuku. Kuku yang memiliki ujung runcing berbahaya bagi layar, karena bisa menyebabkan goresan pada layar. Makanya sering-sering potong kuku agar layar smartphone kamu tetap terawat dan terhindar dari goresan.

 

5. Jangan Simpan Sembarangan

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-4

Jika kamu adalah pengguna mobile yang kemana-mana selalu membawa smartphone, pastikan untuk tidak sembarangan menyimpan smartphone kamu. Saat akan disimpan di tas atau saku, pastikan tempat menyimpannya tidak ada barang lain yang akan menyebabkan goresan pada layar, seperti koin atau kunci. Menyimpan di tas boleh saja, tapi usahakan untuk menyimpannya di tempat khusus agar tidak terbentur atau bersentuhan dengan benda tajam di tas kamu.

 

6. Gunakan Screen Protector

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-5

Smartphone yang dilapisi lapisan Gorilla Glass dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Maka dari itu, jika kamu suka menyimpan smartphone di saku atau tas, sebaiknya gunakan screen protector tambahan. Sayang kan kalo layar smartphone kamu yang mahal ada bekas noda atau goresan kasar yang mengurangi keindahan dan performa layarnya?

 

7. Gunakan Aksesoris Tambahan

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-6

Malas pake screen protector karena mengurangi keindahan smartphone yang kamu gunakan? Coba pake aksesoris tambahan seperti flip cover. Selain melindungi layar smartphone kamu saat disimpan di saku atau tas, flip cover juga akan melindungi dari debu, serta menjaga agar permukaan bodi smartphone kamu tetap aman dari goresan.

 

8. Jangan Panik Saat Layar Smartphone Tergores

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-7

Jangan panik saat layar smartphone kamu tergores karena tindakan cerobohmu. Untuk membuat layar smartphone yang tergores nampak seperti baru lagi, kamu bisa mengoleskan pasta gigi atau krim pembersih motor pada layar yang tergores. Lalu ratakan dan bersihkan dengan menggunakan kain microfiber.

9. Jauhkan Dari Paparan Medan Magnet

Medan magnet kuat yang dihasilkan dari televisi atau kulkas akan memberikan gangguan pada layar smartphone milikmu. Jika terlalu sering terkena paparan medan magnet kuat dari perangkat elektronik di sekitar kamu, lama kelamaan gambar yang dihasilkan pada layar smartphone kamu akan menjadi rusak. Gejala biasanya adalah gambar jadi bengkok dan tidak presisi, bahkan menjadi garis-garis yang mengganggu. Tapi jangan khawatir, paparan dari magnet yang ada pada flip cover dijamin aman untuk layar smartphone kamu.

 

10. Hindari Paparan Terik Matahari Langsung

10-Tips-Agar-Layar-Smartphone-Selalu-Terlihat-Seperti-Baru-8

Beberapa vendor membekali smartphone mereka dengan layar yang bisa nyaman untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung. Namun, tahukah kamu bahwa paparan sinar matahari terik yang berlangsung lama bisa mengakibatkan panel layar smartphone kamu mudah rusak? Panel layar smartphone kamu bisa menjadi lunak dan terkelupas, sehingga membuat respon sentuhan di layar menjadi berkurang. Karena itu, sebaiknya hindari berlama-lama menggunakan smartphone dibawah paparan terik sinar matahari langsung, seperti di pantai.

Nah, itu dia 10 langkah penting untuk menjaga layar smartphone kamu agar tetap kinclong dan terawat dengan baik. Dengan merawat layar smartphone kamu, maka kamu jadi tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli smartphone baru atau mengganti layar karena rusak.