Penyebab Baterai Laptop Cepat Rusak

PULSAPERMATA.COM - Pada perangkat elektronik seperti laptop dan ponsel, baterai merupakan komponen yang sangat penting yang ada di dalam sebuah laptop. Sebagai alat penyimpan daya, baterai sangat dibutuhkan untuk menghidupi laptop dalam segala aktivitasnya. Karena fungsinya yang cukup penting tersebut, tidak sedikit terjadi masalah yang terjadi pada baterai laptop yang di rasa cukup mengganggu penggunanya.

Namun dengan penggunaan yang benar, baterai laptop saya sendiri dapat bertahan cukup lama hingga berumur 3 tahun. Tentu sangat menyenangkan memiliki baterai yang begitu awet tanpa harus membeli baru. Berikut akan kami bahas beberapa penyebab yang membuat baterai laptop cepat rusak :

1. Degradasi
Kebanyakan laptop yang saat ini beredar menggunakan baterai dengan teknologi lithium-ion. Pada umumnya, pada baterai jenis Li-Ion akan mengalami penurunan daya simpan karena usia dan seringnya pengisian. Namun tidak menutup kemungkinan karena faktor eksternal seperti saja energi yang tidak stabil ataupun kerusakan pada kabel charger.

2. Panas
Penyeab baterai laptop cepat rusak selanjutnya adalah karena suhu yang meningkat tajam (overheating). Baterai yang sedang mengisi daya biasanya menimbulkan panas. Oleh karena itu, saat laptop sedang di charge, lebih disarankan untuk tidak menggunakannya untuk aktivitas berat. Jika panas pada baterai benar-benar berlebih, yang lebih buruk baterai laptop Anda dapat benar-benar meledak.

3. Kerusakan secara fisik
Baterai laptop juga dapat cepat rusak jika terkena jika mengalami kerusakan fisik yang disebabkan oleh beberapa hal seperti terjatuh, tergores bahkan hingga retak. Selain itu, seerti perangkat elektronik kebanyakan lainnya, baterai laptop juga menjadi rusak dan mengalami konsleting apabila terkena air.

4. Penggunaan secara berlebihan
Penyebab terakhir baterai laptop menjadi cepat rusak yang terakhir adalah karena penggunaan yang berlebihan. Ketika Anda menggunakan laptop secara berlebihan, secara tidak langsung maka baterai laptop Anda akan digunakan secara berlebihan pula.

Hal tersebut membuat usia baterai akan lebih cepat tua. Selain itu, biasanya penggunaan laptop secara berlebihan membuat pemakai memaksa baterai diisi dayanya sembari digunakan yang berdampak buruk pada baterai dan dapat membuatnya lebih cepat kehilangan kemampuan menyimpan daya.