7 Cara Mengatasi Sinyal HP Sering Hilang

PULSAPERMATA.COM - Sinyal HP hilang mungkin menjadi salah satu hal paling menyebalkan yang sering kamu rasakan. Apalagi saat kamu membutuhkannya untuk pekerjaan atau sedang dalam keaadaan urgent saat menghubungi seseorang.

Ketika kamu lagi menelpon penting gara-gara sinyal lemah atau bahkan tidak muncul atau kamu tidak dapat berbicara dengan nyaman karena putusnya sinyal terus memotong pembicaraanmu dan lawan bicara di seberang telepon sana, kondisi ini tentu sangat bikin geregetan dan emosi.

Meskipun HP adalah benda canggih, namun, perangkat dan jaringan yang ada pada ponsel tersebut tidak selalu bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Jika masalah yang kamu alami ini hanya terjadi satu atau dua kali, mungkin tak akan sebegitu bermasalahnya.

Namun, jika masalah ini terus menerus kamu alami, kamu harus segera mencari tahu penyebabnya, dan mencari tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya. Berikut adalah delapan cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sinyal HP yang sering hilang.

7 Tips Mengembalikan Sinyal HP Hilang


1. Matikan ponsel, kemudian nyalakan kembali.

Cara ini memungkinkan ponsel kamu untuk mencari menara sinyal lain agar terhubung dan mungkin untuk menemukan sinyal yang lebih kuat. Selain mematikan HP, kamu juga bisa mengaktifkan mode pesawat terbang atau Airplane Mode untuk mengembalikan sinyal HP yang hilang.

2. Mengisi baterai ponsel.

Jika sinyal HP kamu lemah, ponsel kamu mungkin masuk ke dalam mode hemat daya, sehingga akan mengirimkan energi lebih sedikit untuk transmisi sinyal ke ponselmu. Untuk mengatasinya, matikan semua fitur hemat daya, dan kemudian isi baterai ponselmu. 

3. Ubah caramu memegang ponsel.

Cara kamu memegang telepon bisa jadi masalah hilangnya sinyal HP. Jika tanganmu menutupi antena, maka hal itu akan melemahkan sinyal. Cobalah mengubah cara memegangannya. Kamu juga perlu mencari tahu di mana letak antena pada HP untuk melihat apakah itu menjadi penyebab masalah.

Jika kamu berada di dalam ruangan, coba untuk pergi ke luar. Dinding dan atap bangunan dapat meredam sinyal. Pergi ke luar, atau buka jendela untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Jika cara nomor 3 tak berhasil, coba pindah ke tempat yang agak jauh.

Kamu mungkin berada di lokasi yang terlalu jauh dari tower sinyal sehingga HP kesulitan untuk mendapatkan sinyal. Jika kamu sedang berada di jalan, pilihan terbaik adalah dengan menunggu beberapa menit dan coba lagi.

Tetapi jika kamu menetap di suatu tempat dan tidak mendapatkan sinyal, mungkin kamu harus berpindah ke tempat yang agak jauh. 

 

5. Beli ponsel baru.

Jika kamu sering mengalami masalah dengan yang namanya sinyal, tidak peduli di mana kamu berada, ponsel kamu mungkin bisa menjadi penyebabnya. Bisa saja HPmu rusak atau memiliki antena yang lemah. Jika kamu terus-menerus mengalami hilangnya sinyal, sudah saatnya kamu mengganti HPmu.


6. Gunakan operator yang baik.

Masalahnya mungkin tidak dengan HPmu, tetapi dengan operator seluler yang kamu gunakan. Mungkin operator tersebut tidak memiliki jaringan yang sangat baik atau hanya memiliki cakupan sempit sinyal di mana kamu tinggal atau bekerja.

7. Gunakan Wi-Fi.

Ini jelas tidak akan berlaku dalam setiap situasi, tetapi jika kamu memiliki koneksi Wi-Fi dan sinyal selular yang selalu hilang, kamu mungkin dapat menggunakan Wi-Fi tersebut mengatasinya.

Nah itu tadi penyebab dan cara mengatasinya sinyal HP yang sering hilang. Terkadang sinyal HP yang lemah disebabkan oleh gangguan yang sedang dialami oleh operator karena cuaca atau jaringan sibuk.

Oleh sebab itu, kenali juga ‘kebiasaan’ operator seluler yang kamu gunakan. Jika tidak bisa ditolerir, mungkin saatnya kamu harus berganti operator yang lebih baik.