Benarkah Nokia 9 Akan Mengadopsi Teknologi Audio 3D?


PULSAPERMATA - HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia saat ini diprediksi bakal meluncurkan smartphone Nokia 9 dengan spesifikasi tinggi. Menurut kabar yang beredar mengatakan jika salah satu spesifikasi itu adalah teknologi audio 3D.

Teknologi audio 3D yang dimaksud saat ini dikenal sebagai Nokia OZO Audio. Ini adalah teknologi yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman memperoleh kesan ruangan saat mendengarkan file audio.

Nokia OZO Audio juga bisa bekerja berpasangan bersama pemindai posisi kepala penggunanya. Suara yang dikeluarkan oleh smartphone Nokia 9 bakal menyesuaikan posisi kepala pengguna ketika digunakan untuk menyaksikan virtual reality (VR).

Fitur lain yang diperoleh dari keberadaan teknologi ini yaitu alat perekaman suara. Memakai Nokia OZO Audio, smartphone dapat merekam suara dalam bentuk 3D dan membedakan arah datang suara dengan memanfaatkan empat microphone atau lebih. Hasilnya adalah rekaman yang mempunyai kesan kedalaman ruang.

Sebagaimana dilansir dari Phone Arena, Senin (3/4/2017), selain teknologi audio, HMD Global akan melengkapi Nokia 9 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 6 GB juga pilihan memori penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB.

Ada juga kamera ganda sebesar 22 megapiksel dengan lensa buatan Carl Zeiss dan kamera selfie setajam 12 megapiksel. Bocoran juga mengatakan bahwa Nokia 9 kemungkinan bakal mempunyai layar quad HD 5,5 inci, baterai 3.800 mAh, dan sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Saat ini HMD Global diketahui berencana merilis Nokia 5 pada April atau Juni 2017, dan  berikutnya menyusul Nokia 6 serta 7. Belum diketahui apakah mereka bakal meluncurkan Nokia 9 dalam waktu berdekatan.