Oppo F3 Resmi Meluncur di Indonesia dengan Harga Rp 4,4 Juta


PULSAPERMATA - Setelah memboyong seri F3 Plus pada akhir Maret lalu, kini Oppo meluncurkan varian "mini" dari smartphone tersebut, benama "F3" tanpa embel-embel "Plus". Seri F3 ini kurang lebih sama dengan varian Plus, masih menggunakan kamera selfie dengan sudut lebar 120 derajat.

Dengan begitu, pengguna dapat lebih mudah memotret selfie beramai-ramai dengan teman, atau biasa diistilahkan "group selfie". Tak perlu memakai tongkat narsis (tongsis), tangan yang harus dipanjang-panjangkan, atau wajah teman yang terpotong. 

"Kami lihat orang Indonesia suka mengambil selfie rombongan. Kami ingin memudahkan mereka dalam menunjang kebiasaan itu agar tidak rebutan (frame) kalau selfie sama teman," ujar Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, Kamis (4/5/2017) dalam acara peluncuran yang digelar di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Lalu, apa bedanya F3 Plus dan F3? Menurut Aryo, F3 sejatinya adalah suksesor dari F1s yang sukses dengan kampanye "Selfie Expert" ala Oppo pada 2016 lalu. Bedanya, F3 mematrikan spesifikasi unggul F3 Plus dengan harga yang lebih bersahabat.

Jika F3 Plus dihargai Rp 6,5 juta, maka F3 lebih murah dengan harga Rp 4,4 juta. Aryo menuturkan Oppo ingin kemampuan kamera sudut lebar dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

"Kami tak punya target khusus untuk perangkat ini. Yang jelas kami ingin lebih banyak kalangan masyarakat yang dapat merasakan keunggulannya dan orang-orang ingat F3 ketika berbicara soal selfie," Aryo menuturkan.

Dengan harga yang lebih murah, ada spesifikasi dari F3 Plus yang harus dihilangkan di F3. Misalnya saja, layar yang lebih kecil, kapasitas baterai lebih minim, dan kemampuan kamera belakang yang juga direduksi.

"Yang jelas kamera depannya benar-benar sama," ujar Aryo.

F3 didukung layar in-Cell ukuran 5,5 inci dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Lightning-Fast Touch Access adalah salah satu fitur pembuka ponsel yang bisa membuka perangkat dalam waktu 0,2 detik dengan pemindai sidik jari.

Memakai prosesor 8-inti, F3 dilengkapi RAM 4 GB dan memori 64 GB. Ada pula triple-slot tray yang bisa menampung dua kartu SIM Nano 4G dan microSD sampai 128 GB.

Kamera belakang F3 menawarkan kinerja fotografi dengan kecepatan autofokus PDAF berkualitas 13 megapiksel. Kamera depannya memadukan lensa 16 megapiksel untuk pemotretan tele dan 8 megapiksel untuk sudut lebar (wide).

Oppo F3 tersedia di gerai-gerai resmi Oppo mulai 13 Mei 2017.