OnePlus 5 Resmi Rilis dengan Kamera Ganda Serupa iPhone 7 Plus


PULSAPERMATA - Sesudah beragam kabar dan bocoran fotonya beredar selama beberapa waktu, kedatangan smartphone Android OnePlus 5 akhirnya diresmikan. Perangkat ini termasuk smartphone flagship terbaru dari vendor China, OnePlus.

Tampilan luar OnePlus 5 langsung menarik perhatian publik di luar negeri karena ternyata terlihat sama dengan bentuk iPhone 7 Plus besutan Apple, seperti yang diduga sebelumnya.

Salah satu fitur andalan OnePlus 5 pun hampir sama dengan milik iPhone 7, yaitu kamera ganda di bagian belakang.

Satu kamera mempunyai lensa dengan sudut pandang wide-angle standar, sementara satunya bersudut pandang “telephoto” untuk menghasilkan background yang buram saat memotret foto portrait.

Kamera wide-angle standar di OnePlus 5 mempunyai resolusi 16 megapiksel dengan lensa bukaan lebar f/1,7. Sementara, kamera telephoto mempunyai resolusi 20 megapiksel dengan bukaan lensa f/2,6.

Jeroan OnePlus 5 didukung chipset Snapdragon 835 yang banyak di jumpai di smartphone Android kelas atas pada 2017 ini.

Kapasitas memori utamanya (RAM) terbilang besar, yaitu 6 GB dan ada pilihan lain dengan kapasitas lebih besar lagi, mencapai 8 GB.

Model dengan RAM 6 GB mempunyai kapasitas penyimpanan internal 64 GB, sementara varian dengan RAM 8 GB disokong penyimpanan internal 128 GB. OnePlus 5 tak menyediakan slot micro-SD untuk ekspansi media penyimpanan.

Spesifikasi lain meliputi baterai berkapasitas 3.300 mAh dan Oxygen OS yang berjalan di atas Androdi 7.1.1 Nougat, sebagaimana dirangkum dari PhoneArena.

Seperti ponsel-ponsel flagship sebelumnya dari OnePlus, banderol OnePlus 5 relatif lebih murah dibanding ponsel kelas atas buatan pabrikan lain yang mempunyai spesifikasi sebanding.

Model OnePlus 5 dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 64 GB dibandrol 480 dollar AS atau Rp 6,4 juta. Varian OnePlus 5 dengan RAM 8 GB dan media internal 128 GB dibandrol 540 dollar AS atau Rp 7,2 juta.

OnePlus 5 diprediksi mulai ada di pasaran pada 27 Juni mendatang di wilayah AS dan Eropa. Ponsel ini juga bakal dijual di beberapa negara Asia di luar China, seperti India.