Benarkah Trio Android Nokia Bakal Masuk Indonesia Lewat Erajaya? Ini Penjelasannya



PULSAPERMATA - Kedatangan kembali
 Nokia di industri smartphone diawali dengan peluncuran tiga lini smartphone Android pada awal 2017 ini. Masing-masing adalah Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.


Erajaya Group sebagai peritel dan distributor yang sudah lama menjalin hubungan dengan Nokia, sepertinya akan segera mendatangkan Android Nokia itu ke Indonesia.

"Kami tengah menunggu konfirmasi," ujar Director of Marketing and Communication Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo, Senin (24/7/2017), di Penang Bistro, Jakarta.

Djatmiko tak mau mengatakan kapan tanggal pasti smartphone Android Nokia mulai diedarkan resmi di Indonesia. Saat ditanya sejauh mana obrolan dengan pihak Nokia, Djatmiko merujuk ke rekam jejak hubungan Erajaya dan Nokia.

"Udah ada obrolan. Yang pasti kami kan dulu distributor terbesar Nokia," ia menuturkan.

Sejauh ini, perangkat Nokia yang telah dipasarkan di Indonesia lewat Erajaya adalah feature phone Nokia 3310. Sebelumnya, HMD Global pernah menyebutkan bakal menghadirkan Nokia 3, 5, dan 6 ke seluruh dunia pada akhir Juni 2017.

Kenyataannya, sampai sekarang ketiga lini itu belum muncul resmi di Indonesia. Aturan TKDN untuk smartphone 4G yang berlaku di Indonesia tentu menjadi tantangan sendiri untuk memasukkan Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Kita tunggu saja lewat jalur apa Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 bakal memenuhi TKDN dan dapat dipasarkan resmi di Tanah Air.

Sebelumnya, sumber dalam industri mengatakan smartphone Android Nokia bakal dirilis pada pertengahan Agustus mendatang.