Lakukan 3 Langkah ini bila Smartphone Terendam Air


PULSAPERMATA Insiden smartphone tercelup ke genangan air dapat dikatakan lumayan sering terjadi. Skenarionya beragam, mulai dari terjatuh ke bak mandi, toilet, sampai diguyur hujan deras. 
 
Pasca tersiram air, smartphone yang tidak tahan air (waterproof) dengan sertifikasi IP68 kerap "sekarat" bila tak benar-benar tutup usia. Saat layar smartphone mati, banyak pengguna yang pasrah lalu membeli perangkat baru. 
 
Padahal ada beberapa upaya yang dapat dilakukan terlebih dahulu, sebagaimana dihimpun dari ZDNet, sebagai berikut: 
 
1. Matikan Smartphone
Zaman dulu, ketika masih banyak smartphone yang mematrikan baterai terpisah atau removable battery, Anda tinggal melepas baterai sesudah smartphone kebasahan. Sekarang, untuk mematikan smartphone, Anda harus menekan tombol power. 
 
Jangan berasumsi jika smartphone Anda nyala sesudah kebasahan artinya smartphone tak akan bermasalah. Dalam kondisi mati ataupun hidup sesudah terguyur air, smartphone harus tetap dimatikan. Ini untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen akibat sirkuit pendek.
 
2. Keringkan Area Luar Smartphone
Pakai apa saja di dekat Anda untuk mengeringkan bodi smartphone, bisa tisu hingga handuk. Goyangkan smartphone Anda supaya cairan yang masuk lewat celah-celah smartphone keluar. 
 
3. Keringkan Lebih Jauh
Sesudah tampilan luar kering, langkah berikutnya adalah mengeringkan bagian dalam dengan elemen penyerap kelembaban. Yang paling umum dipakai adalah beras. 
 
Sebenarnya beras bukanlah penyerap kelembaban terbaik, tetapi gampang ditemukan. Opsi lainnya adalah paket gel silikon yang biasanya ditemukan pada paket elektronik baru. 
 
Tenggelamkan smartphone Anda pada beras atau gel silikon setidaknya 24 jam. Bila ingin hasil yang maksimal, bersabarlah sampai 48 jam. 
 
Untuk alternatif yang lebih mumpuni, Anda dapat memakai alat pengering smartphone semacam DryBox atau Redux. Alat-alat profesional semacam itu dipercaya bakal sukses memperbaiki smartphone, bahkan sesudah tercelup di genangan bir, sup, dan lumpur.
 
Perlu dicatat, tips sederhana di atas tak berlaku untuk smartphone yang tercelup di air laut dan soda. Sebab, dua elemen air itu sangat cepat membuat korosi alias karatan pada elemen-elemen elektronik penyusun smartphone.
 
Jika Anda memang merasa diri sebagai orang yang ceroboh, sebaiknya pilih smartphone yang anti-air bersertifikasi IP68 sejak awal. Selamat mencoba!