Harga dan Spesifikasi Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact, Hadir Tanpa kamera Ganda


PULSAPERMATA - Sony sampai saat ini memang belum meluncurkan smartphone Xperia seri teranyar di Indonesia. Walau demikian, di luar Tanah Air, Sony masih rajin "menelurkan" Xperia baru.

Perusahaan asal Jepang itu baru saja meluncurkan dua seri Xperia baru, yaitu Xperia XZ1 dan XZ1 Compact. Keduanya termasuk seri penerus dari Xperia XZ dan X Compact yang diluncurkan tahun lalu.

Peningkatan utama di kedua seri ini dibandingkan seri sebelumnya adalah datangnya chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan desain yang lebih baru.

Bicara tentang desain, Sony memang sedikit mengubah tampilan Xperia XZ1 dibandingkan sebelumnya. Kini, perangkat flagship Sony ini mempunyai bodi yang secara keseluruhan berbalutkan metal.

Sayangnya, desainnya masih mengecewakan. Sony belum memakai desain premium saat ini, yaitu nyaris tanpa bezel, seperti yang diaplikasikan Samsung di Galaxy S8 dan LG di G6. Pengguna Sony Xperia XZ1 masih akan menemukan bezel tebal di bagian atas dan bawah perangkat.

Sementara itu, tak seperti Xperia XZ1, Xperia XZ1 Compact masih memakai bahan fiber glass dan juga plastik.

Keduanya juga tak hadir dengan konfigurasi kamera ganda, seperti yang sudah banyak digunakan di smartphone flagship lainnya. Sony lebih memilih memakai sistem kamera Motion Eye yang hadir di Xperia XZ.

Sistem kamera itu mempunyai sensor 19 megapiksel dengan kemampuan Predictive Capture. Fitur tersebut mengizinkan kamera untuk mengambil gambar sebelum pengguna memencet shutter untuk meminimalisir kehilangan momen.

Sebagai tambahan, sebagaimana kami rangkum dari The Verge, Senin (4/9/2017), kamera itu bisa mengambil video super slow motion resolusi 720p berkecepatan 960 fps. Kamera Xperia XZ1 dan XZ1 Compact pun bisa mengambil video resolusi 4K.

Adapun Xperia XZ1 mempunyai kamera depan 13 megapiksel, sedangkan Xperia XZ1 Compact datang dengan kamera depan super-wide, 8 megapiksel.

Xperia XZ1 mempunyai layar 5,2 inci dengan kualitas Full HD dan kemampuan HDR. Sedangkan Xperia XZ1 Compact mempunyai layar 4,6 inci dengan kualitas HD. Keduanya sudah dilindungi Gorilla Glass 5 dan sertifikasi IP68.

Spesifikasi lainnya terdiri dari chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, dan baterai 2.700 mAh. Xperia XZ1 mempunyai media penyimpanan 64 GB sementara Xperia XZ1 Compact hadir dengan penyimpanan 32 GB.

Xperia XZ1 dan XZ1 Compact sama-sama menjalankan sistem operasi Android 8.0 "Oreo". Keduanya menjadi salah satu perangkat pertama yang datang di pasar dengan OS baru Google tersebut.

Xperia XZ1 akan dijual dengan harga 700 dollar AS (Rp 9,3 juta). Sementara itu, Xperia XZ1 Compact dibanderol 600 dollar AS (Rp 8 juta). Masih belum diketahui, apakah keduanya akan masuk Indonesia atau tidak.