Ponsel Layar Lipat Pertama Samsung adalah Galaxy Note 9?


PULSAPERMATA - Samsung sudah lama mengembangan layar fleksibel yang dapat ditekuk. Pengembangannya telah dimulai sejak 2011, kemudian purwarupa ponsel pertama dengan layar tekuk telah muncul pada 2013.

Teknologi ini diperkirakan akan matang dan dapat diterapkan pada ponsel Samsung keluaran 2018 mendatang. Pihak Samsung berencana meluncurkan ponsel lipat dengan layar fleksibel di bawah brand Galaxy Note, mungkin Galaxy Note 9 atau cabang produk baru.

"Sebagai kepala bisnis, saya dapat berbicara jika target kami adalah tahun depan," ujar Koh Dong-Jin, presiden unit bisnis mobile Samsung Electronics dalam acara perkenalan Galaxy Note 8 di Seoul, Korea Selatan.

Walaupun telah menetapkan target, Koh menuturkan jika Samsung sebenarnya masih mengalamii beberapa kendala terkait pemakaian layar fleksibel di ponsel.

"Jika kami dapat mengatasi masalah ini, pasti kami akan merilis produknya," lanjut Koh tanpa merinci apa persisnya masalah yang dihadapi, sebagaimana dirangkum dari Bloomberg.

Jika Samsung merasa masalah belum teratasi, maka kehadiran ponsel dengan layar fleksibel yang dapat ditekuk bisa jadi bakal tertunda.

Selain itu, Koh juga menuturkan jika Samsung bekerja sama dengan pabrikan audio otomotif, Harman untuk mengembangkan speaker berbasis kecerdasan buatan (AI). Speaker itu nantinya akan dapat diperintah dengan suara untuk memutar musik atau melakukan tugas lain.

Akan halnya Galaxy Note 8, Koh menjelaskan jika Samsung telah mencatat 650.000 pre-order di Korea Selatan. Respons pasar terhadap perangkat itu dikatakan melebihi ekspektasi Samsung, walau harganya dipatok lebih mahal daripada model-model sebelumnya.