Inikah Wujud Smartphone Nokia 9?


PULSAPERMATA.COMSelain Nokia 3,5, 6, dan 8, vendor asal Finlandia yang baru kembali ke bisnis smartphone itu kuat diduga akan meluncurkan dua model perangkat lagi, yaitu Nokia 2 yang duduk di segmen entry level dan ponsel flagship Nokia 9.

Bocoran Nokia 9 telah banyak beredar. Salah satu yang terbaru adalah video rendering 3D buatan Compareraja dan Onleaks.

Dibuat berdasarkan informasi file CAD (Computer Aided Design, gambar rancangan) Nokia 9, rendering 3D dimaksud memperlihatkan sosok perangkat tersebut dari berbagai sisi.

Satu hal yang segera terlihat adalah bagian layar dan punggung Nokia 9 sedikit melengkung di sisi kiri dan kanan seperti perangkat Galaxy seri Edge besutan Samsung.

Layar Nokia 9 diklaim bakal berukuran 5,5 inci dan mempunyai bingkai yang sangat tipis (bezel less). Jenis panel display belum jelas, tapi kemungkinan AMOLED dengan resolusi 1440p.

Tak terlihat adanya port audio 3,5 mm yang belakangan banyak dihilangkan oleh para pabrikan ponsel. Di sisi bawah Nokia 9 dalam rendering 3D cuma ada port USB type-C.

Beralih ke punggung, rendering 3D Nokia 9 memperlihatkan kamera ganda yang disusun secara vertikal dalam modul yang akan menonjol.

Kedua kamera diprediksi mempunyai resolusi 12 megapiksel atau 13 megapiksel. Ada juga sebuah pemindai sidik jari berbentuk bundar, persis di bawah modul kamera.

Sebagaimana dirangkum dari Android Police, gambar rendering 3D Onleaks sebelumnya dikenal sangat akurat, tapi cuma memperlihatkan sosok luar, bukan spesifikasi internal.

Soal ini, bocoran sebelumnya menyebutkan Nokia 9 bakal didukung chip Snpadragon 835, RAM 4 GB, storage 64/128 GB, dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dapat di-upgrade ke Android 8 Oreo.