Isi Daya Baterai, "Smartphone" Tinggal Dijemur?


PULSAPERMATA.COM - Sempat bermimpi mengisi daya ponsel cuma dengan menjemurnya di bawah sinar matahari? Bila iya, berbahagialah. Sebentar lagi, mimpi ini sepertinya bisa jadi kenyataan.

Akhir-akhir ini sekumpulan ilmuwan asal Perancis mengembangkan sebuah panel surya dari plastik konduktif yang dibuat dengan printer inkjet. Panel surya fleksibel yang dikembangkan di bawah bendera Dracula Technologies ini mempunyai bentuk fisik yang kecil dan tipis sehingga dapat dilekatkan di mana saja.

Selain sifatnya yang dinamis, kemampuan panel surya hasil cetakan Dracula Tecnologies ini dipercaya lebih tinggi daripada yang sudah ada. Ia bisa mengonversi tenaga matahari atau cahaya apa pun (termasuk lampu) walau intensitasnya tergolong kecil.

Pihak peneliti bahkan menyebutkan jika pengguna ponsel bisa memakai pelat ini untuk mengisi daya baterainya cuma dengan menempelkan panel yang sudah terintegrasi ini di badan smartphone. Selama pelat itu terkena cahaya, baterai smartphone bisa terisi secara otomatis.

Sadok Ben Dkhil, salah satu perwakilan ilmuwan Dracula Technologies, menegaskan panel surya cetak temuannya ini dibuat dari plastik konduktif. Berbeda dengan plastik pada umumnya yang bersifat isolator, plastik konduktif dapat menangkap rentang panjang gelombang yang lebih luas.

"Materi kami dapat menangkap energi dari cahaya dalam ruangan yang tak dilakukan silikon," tutur Ben Dkhil dikutip dari New Scientist.

Ben Dkhil juga menambahkan, untuk membuat sebuah panel surya, mereka harus mencetak lima lapisan pelat. Lapisan ini terdiri dari dua lapisan luar yang mengandung tinta konduktif, dua lapisan semi konduktor, dan satu lapisan fotoaktif.

Lapisan fotoaktif diletakkan di antara dua lapisan semikonduktor yang tertutup dengan lapisan luar yang mengandung tinta konduktif. Hal ini dilakukan supaya cahaya yang ditangkap bisa dimanfaatkan secara efektif walau jumlahnya kecil.

Untuk mencetak satu pelat panel berukuran 5 cm, diperlukan waktu sekitar satu jam. Memakai printer inkjet untuk menghasilkan panel surya bisa dikatakan sebagai langkah yang brilian. Selama ini, panel surya diciptakan dari materi berbahan dasar silikon yang masih tergolong mahal.

Dengan adanya teknologi ini, pengembangan energi masa depan yang lebih bersahabat di kantong dapat dikembangkan dan tentunya dimanfaatkan dengan baik.