Oppo A83 Resmi Meluncur, Pakai Layar "bezel-less" dan Berfitur Mirip iPhone X, Harganya?


PULSAPERMATA.COM - Mendekati pergantian tahun, Oppo meluncurkan seri "A83" yang telah benyak diperbincangkan sejak beberapa pekan lalu. Lini tersebut tak lagi memakai pemindai sidik jari atau fingerprint scanner untuk membuka smartphone.

Sebagai gantinya, Oppo A83 membawa fitur keamanan berdasarkan wajah pengguna atau dinamakan face unlock. Mekanismenya kurang lebih sama dengan fitur FaceID pada iPhone X besutan Apple.

Fitur face unlock di Oppo A83 dipercaya dapat mengidentifikasi 128 komponen wajah dan membuka smartphone cuma dalam 0,18 detik. Bla betul, kecepatannya lebih andal daripada OnePlus 5T yang memerlukan lima detik untuk membuka smartphone.

Smartphone kelas menengah itu disebutkan membawa layar "kekinian" atau bezel-less dengan aspek rasio 18:9 yang populer di jajaran ponsel premium. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD Plus 720 x 1440 piksel.

Adapun "jeroan" Oppo A83 memakai prosesor octa-core Helio P23 dengan kecepatan clock 2,5 GHz. Kapasitas penyimpanannya terbilang standar 32 GB yang diduetkan dengan RAM 4 GB.

Kamera Oppo A83 menggunakan sensor berkualitas 13 megapiksel, tetapi dipercaya dapat menjepret foto sampai 50 megapiksel. Kamera utama itu didukung kamera selfie dengan sensor berkualitas 8 megapiksel, yang disokong fitur kecerdasan buatan "AI Beauty".

Spesifikasi lain dari Oppo A83 meliputi baterai 3.180 mAh, sistem operasi Android Nougat 7.1, dan sistem antarmuka ColorOS 3.2, sebagaimana dihimpun dari Gizmochina.

Lini yang menyasar kelas menengah ke bawah ini dibanderol seharga 214 dollar AS atau setara Rp 2,9 jutaan. Ada dua varian yang dapat dipilih, yaitu gold dan black. Belum jelas kapan lini ini ada di Tanah Air.