Ponsel Seukuran Jempol Sudah Dapat Dipesan, Cuma Rp 680 Ribu


PULSAPERMATA.COM - Ditengah persaingan industri ponsel dengan display jumbo dan layar bezel-less, salah satu vendor ponsel malah membuat langkah anti-mainstream. Perpaduan antara Zanco dan Clubit New Media dari Inggris, mengeluarkan ponsel terkecil di dunia.

Ponsel yang diberi nama Zanco Tiny T1 itu tingginya cuma seukuran jempol (46 mm), rencananya akan diluncurkan pada Mei 2018. Tetapi peminat yang serius sudah dapat membelinya mulai sekarang di situs urun dana (crowdfunding), Kickstarter.

Seperti namanya, ponsel ini mempunyai spesifikasi minimalis dengan kemampuan dasar ponsel (feature phone) seperti melakukan panggilan, berkirim pesan singkat (SMS) dan layanan internet pada jaringan 2G.

Dikutip dari Phone Arena, salah satu andalan Zanco Tiny T1 adalah baterai kapasitas 200 mAH yang dipercaya mampu bertahan selama tiga hari, dalam sekali isi daya (charging) lewat port-USB.

Seperti smartphone kekinian, ponsel ini pun didukung layar materi OLED, hanya saja dengan ukuran minimalis 0,49 inci dan resolusi cuma 64 x 32 piksel.

Zanco Tiny T1 masih didukung tombol fisik dengan kotak-kotak kecil, sehingga pengguna harus cermat saat mengoperasikan tombol. Ponsel ini kompatibel dengan SIM-card nano dan bisa menyimpan sampai 300 kontak, 50 panggilan terakhir, dan 50 pesan masuk.

Untuk kapasitas penyimpanan, ada memori internal 32 MB yang tak bisa ditambah lagi, karena tak ada slot microSD. Sementara memori RAM-nya juga mini, 32 MB. Ukuran dimensinya sangat mungil dengan berat 13 gram, panjang 46,7 mm, lebar 21 mm dan tebal 12 mm.

Bila tertarik mencoba ponsel seukuran jempol ini, konsumen harus menyiapkan uang sebesar 50 dollar AS (Rp 680.000).