Nokia 2 Resmi Meluncur dengan Harga Rp 1,5 Juta, Ini Tiga Kelebihannya


PULSAPERMATA.COM - Nokia kembali merilis smartphone Android di Tanah Air. Dengan banderol harga Rp 1,5 juta, produk entry-level baru bernama Nokia 2 itu bersaing di papan bawah pasaran ponsel Indonesia.

Di segmen ini ada beberapa produk yang sudah lebih dulu meramaikan pasaran, misalnya saja Xiaomi Redmi 5A dan Advan i5C Plus yang masing-masing memberikan spesifikasi menarik dengan harga kompetitif. 

Walau begitu, pihak Nokia lewat HMD Global selaku pemegang lisensi merek "Nokia" menegaskan produknya mempunyai kelebihan tersendiri di luar spesifikasi teknis yang dapat mengundang minat konsumen.

"Membanding-bandingkan spesifikasi bukanlah cara kami," tutur Country Manager HMD Global Indonesia Mark Trundle di sela ajang peluncuran Nokia 2 di Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Menurut Trundle, Nokia 2 mempunyai tiga kelebihan yang tak dipunyai ponsel lain sekelasnya. Pertama adalah keunggulan berkat konstruksi dari blok aluminium padat dan kaca anti-gores Gorilla Glass yang melapisi layar 5 inci (1.280 x 720 piksel) ponsel tersebut.

Kedua, Nokia 2 didukung dengan baterai berkapasitas 4.100 mAh yang menurut Trundle bisa memberikan daya tahan selama 2 hari.

"Kami menegaskan jika manajemen performanya benar-benar optimal. Jadi, pengguna Nokia 2 dapat meninggalkan charger dan powerbank di rumah," kata Trundle.

Poin kelebihan ketiga dari Nokia 2 yang juga dikatakan Trundle adalah sistem operasi Android versi "polos" yang dijalankan perangkat ini. Nokia tak memasukkan UI custom atau aplikasi-aplikasi lain yang dapat membebani kinerja ponsel.

Versi OS yang dijalankan oleh Nokia 2 adalah Android 7.1.1 Nougat. Akhir Desember lalu, pihak HMD Global memastikan OS Nokia 2 bakal diperbarui ke Android 8.1 Oreo, seperti juga Nokia 3, 5, dan 6 yang telah lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

"Kami mengedepankan layanan-layanan Google. Anda bisa menemukan Google Assitant dan Google Photos untuk penyimpanan foto-foto secara otomatis ke layanan cloud Google," imbuh Trundle.

Nokia 2 saat ini telah dapat dipesan di situs e-commerce JD.id dan bakal tersedia secara luas di pasaran Indonesia pada 30 Januari mendatang.

Selebihnya, daftar spesifikasi dari Nokia 2 meliputi dapur pacu Snapdragon 212, RAM 1 GB, media penyimpanan 8 GB, dukungan dual-SIM dan micro-SD, juga kamera 8 megapiksel dan 5 megapiksel.