Ini Bocoran Spesifikasi Nokia 7 Plus yang Akan Segera Meluncur


PULSAPERMATA.COM -   Nokia tak cuma dikabarkan bakal merilis produk kelas high-end tahun 2018 ini. HMD Global selaku pemegang lisensi merk smartphone Nokia juga dipercaya bakal merilis ponsel kelas menengah yang merupakan versi dengan spesifikasi lebih tinggi dari Nokia 7, yaitu Nokia 7 Plus.

Kabar terbaru yang beredar mengatakan jika Nokia 7 Plus akan segera diperkenalkan secara resmi dalam acara Mobile World Congress 2018 di Barcelona, akhir bulan ini. Bocoran spesifikasinya pun ikut beredar.

Dikatakan jika Nokia 7 Plus akan mempunyai layar berukuran lebih jumbo dari pendahulunya yaitu 6 inci dengan aspect ratio 18:9. Bila benar, maka Nokia 7 Plus bakal menjadi smartphone pertama dari Nokia yang mempunyai display berbingkai tipis (bezel less) dengan aspect ratio tersebut.

Salah satu kelebihan Nokia 7 Plus ada pada kameranya yang disebut memakai lensa Carl Zeiss. Untuk kamera belakang, Nokia kabarnya akan menanamkan dual-camera masing-masing dengan resolusi 12 megapiksel dan 13 megapiksel.

Kedua kamera itu mempunyai focal length berbeda, yaitu wide dan telephoto seperti pada beberapa ponsel lain seperti iPhone 8 Plus, Galaxy Note 8, dan Xiaomi Mi A1. Penggunaan dua kamera sekaligus memungkinkan penerapan efek background blur (bokeh) dalam foto.

Sensor kamera depan Nokia 7 Plus disinyalir mempunyai resolusi 16 MP dengan bukaan kamera f/2.0. Belum diketahui apakah Nokia Plus 7 ini bakal mengikuti jejak Nokia 7 terdahulu yang mengandalkan fitur "bothie" atau dual-sight, yaitu mengambil gambar dengan kamera depan dan belakang dalam waktu yang bersamaan.

Soal jeroan, Nokia 7 Plus disenjatai Snapdragon 660 sebagai "otak" perangkat yang menjanjikan peforma lebih gahar ketimbang Nokia 7 yang memakai Snapdragon 630. Chipset 14 nanometer Snapdragon 660 ini mempunyai 8 buah inti CPU Kryo 260 dan GPU Adreno 512.

Kabarnya juga, sebagaimana dirangkum dari GSM Arena,Selasa (6/2/2018), Nokia 7 Plus bakal didukung RAM 4 GB dengan media penyimpanan 64 GB, port USB type-C, dan sistem operasi Android 8.0 Oreo yang dapat di-update ke versi Andorid 8.1.