Asus Zenfone 5 dan 5Z Resmi Rilis dengan "Menjiplak" iPhone X, Harganya?



PULSAPERMATA.COM - Smartphone flagship Asus, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z resmi rilis di pameran gadget terbesar dunia, Mobile World Congress ( MWC 2018) di Barcelona, Spanyol. Kedua ponsel baru ini sepertinya tak malu-malu mencontek habis-habisan iPhone X. 

Dilihat dari tampilan depan, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z sangat serupa dengan tampilan iPhone X, lengkap dengan takik atau "poni layar" (notch) di atas display. 

Di bagian belakang juga terlihat mirip dengan punggung iPhone X, dengan dual-camera yang tersusun vertikal di pojok kiri. Tetapi tidak dengan fingerprint yang terlihat mencolok persis di atas logo Asus. 

Adanya fingerprint bukan berarti Asus tak mengekor iPhone X untuk sistem Face ID. Zenfone 5 juga menyediakan teknologi serupa. Tetapi, sistem Face Unlock di Zenfone 5 dan 5Z ini disebut hanya memuaskan keinginan pasar, alih-alih membuatnya secanggih Face ID. 

Duo smartphone ini mempunyai kamera ganda di belakang dengan resolusi 12 megapiksel dengan bukaan lensa f/1.8 untuk kamera utama. Sedangkan kamera kedua mempunyai sudut pandang wide-angle. 

Baik Zenfone 5 dan Zenfone 5Z sama-sama mempunyai bentang layar LCD 6,2 inci, dimana lebih besar ketimbang iPhone X yang cuma berbentang 5,8 inci.

Mirip dengan iPhone X, Asus memangkas habis bingkai (bezel) dengan rasio screen-to-body sebesar 90 persen. Cuma tersisa takik di bagian atas sebagai tempat kemera depan beresolusi 8 megapiksel dan speaker. 

Asus juga sesumbar menanamkan teknologi yang disebutnya sebagai "AI display" untuk mengatur warna display secara otomatis dengan menyesuaikan temperatur. Teknologi ini serupa dengan teknologi True Tone kepunyaan Apple.

"Beberapa orang bakal menyebut ini (Zenfone 5 dan Zenfone 5Z) menjiplak Apple. Tetapi kita tak dapat mengabaikan kebutuhan konsumen. Anda perlu mengikuti tren", ujar kepala marketng global Asus, Marcel Campos ketika memperkenalkan produk barunya, seperti dikutip dari The Verge. 

Bedanya dengan Apple yang support pengisian daya nirkabel, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z baru mendukung fitur quick charging dan masih menggunakan colokan headphone jack. Itu sebabnya, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z masih mempunyai badan ponsel yang lumayan tebal. 

Keduanya juga bakal dijalankan dengan OS Android 8.0 Oreo dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh. 

Untuk Zenfone 5 bakal disokong dengan chipset termutakhir Qualcomm, Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan storage 128 atau 256 GB, tergantung wilayah pemasaran. 

Sedangkan Zenfone 5 standar bkal memakai chipset lebih rendah, Snapdragon 636 dengan RAM 4 GB dan internal 64 GB. 

Zenfone 5Z bakal dibanderol sekitar 423 poundsterling (setara Rp 8 jutaan), tetapi untuk Zenfone 5 standar, Asus belum mengungkapkan harganya.