Benarkah Oppo R15 Gunakan Chip “AI” Baru MediaTek? Ini Penjelasannya


PULSAPERMATA.COM - Akhir Februari lalu, MediaTek mengumumkan System-on-Chip (SoC) Helio P60 yang membawa teknologi pemrosesan kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI). 

Sekarang datang rumor jika chip papan tengah itu akan hadir di salah satu model smartphone yang akan datang dari Oppo, yaitu Oppo R15. 

Keberadaan Oppo R15 diketahui lewat beberapa gambar teaser dan video yang dibagikan oleh Oppo di China. Ada dua model berbeda yang dipamerkan, yaitu Oppo R15 dan Oppo R15 Plus. 

Belum diketahui apa saja perbedaan antara keduanya. Yang jelas, Oppo kemungkinan besar akan menjiplak bentuk “bezel less” iPhone X pada R15 dan R15 Plus, lengkap dengan “poni” (notch) di sisi atas layar yang memuat kamera depan dan earpiece.

Desain “poni” iPhone X belakangan memang banyak ditiru oleh para pabrikan perangkat Android. Selain Oppo, Asus juga menerapkannya di ZenFone 5. Bahkan LG dan Huawei rumornya juga akan mengadopsikan “poni” di ponsel flagship masing-masing. 

Sebagaimana dirangkum dari GSM Arena, Senin (5/3/2018), dua smartphone Oppo R15 dipercaya akan menanamkan teknologi sensor 3D di bagian “poni” itu. Sensor ini nantinya bakal digunakann untuk teknologi pengenalan wajah dan emoji animasi seperti iPhone X. 

Chip MediaTek Helio P60 sendiri mengandalkan CPU delapan core yang terdiri dari empat inti CPU ARM Cortex-A73 2 GHz dan empat inti CPU ARM Cortex-A53 2 GHz. MediaTek menjanjikan lompatan kinerja sampai 70 persen ketimbang Helio P30 sebelumnya, di samping konsumsi daya lebih irit. 

Selain performa lebih ganas, fitur unggulan dari Helio P60 adalah platform pengolahan kecerdasan buatan bernama NeuroPilot, berikut prosesor khusus (AI processing Unit, APU), untuk bantu menangani keperluan tersebut. 

Tetapi, Oppo R15 belum tentu benar-benar akan memakai Helio P60, mengingat chip ini juga baru diperkenalkan. Sebelumnya, Oppo R15 pernah dikabarkan akan menggunakan chip Snapdragon seri 700 atau 600.