Oppo R15 Resmi Berponi Mirip iPhone X, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

PULSAPERMATA.COM - Duo Oppo R15 dan Oppo R15 Dream Mirror Edition resmi diluncurkan. Seperti yang dikabarkan, bentuk muka Oppo R15 serupa dengan ciri khas iPhone X, yaitu dengan "poni" (notch) berbentuk takik tipis yang menjorok di atas layar. 

Keduanya membawa layar OLED dengan garis diagonal 6,28 inci yang mendukung resolusi gambar 1.080 x 2.280 piksel. Bingkai keduanya juga sama-sama terbuat dari metal, dengan bagian belakang yang terbuat dari kaca. 

Sistem operasinya juga sudah mengusung sistem operasi anyar Android Oreo yang berjalan dengan antarmuka ColorOS 5.0. 

Duet ponsel kelas menengah ini pun sudah disokong teknologi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan untuk membaca pola kebiasaan penggunanya, juga mendukung fitur Face Unlock dengan kecepatan 0.8 detik. 

Lalu, apa perbedaan keduanya? 


Oppo R15 

Perbedaan keduanya ada pada bagian dalam atau hardware. Dimana untuk Oppo R15 memakai chipset Mediatek Helio P60 dengan octa-core CPU, dan memakai grafis Mali-G72 MP3 GPU yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan storage 128 GB. 

Edisi ini mempunyai baterai berkapasitas 3.450 mAh dengan dukungan VOOC untuk pengisian daya lebih cepat untuk perangkat OPPO. Di sisi belakang, ada dual-kamera yang tersusun secara horisontal, dengan resolusi 16 megapiksel dan sensor Sony IMX519, untuk kamera utama. 

Ukuran fisik sensor Sony IMX519 ini seluas 1/2,6 inci, dengan bukaan lensa (aperture) f/1,7. Sedangkan kamera sekundernya beresolusi 5 megapiksel dengan aperture lebih kecil yaitu f/2.2. 

Dirangkum dari GSM Arena, Oppo menyebutkan bila AI yang ada di sensor kamera Sony, mampu secara otomatis mengenali sampai 120 adegan, juga menghasilkan efek bokeh. 

Oppo masih meneruskan label "ahli selfie" di perangkat barunya ini, dengan resolusi kamera depan sebesar 20 megapiksel dan bukaan f/2.0. Kamera depan pun juga mampu menghasilkan efek bokeh seperti kamera belakang. Oppo R15 mempunyai konektivitas Bluetooth 4.2 dan dual-band Wi-Fi, juga port microUSB. Oppo R15 bakal hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Hot Red (merah), Snow White (putih), dan Star Purple (ungu). 



Oppo R15 Dream Mirror Edition

Sementara edisi Oppo R15 Dream Mirror Edition memakai chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan octa-core Kyro dan grafis Adreno 512 GPU. Untuk RAM dan media internalnya pun sama, 6 GB dan 128 GB. Tetapi, baterainya lebih kecil dengan kapasitas 3.400 mAh, dan masih didukung VOOC fast charging. 


Perbedan lain dari edisi Oppo R15 adalah dukungan kamera gandanya di belakang. Walau kamera utamanya sama-sama mempunyai resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX519, tetapi kamera sekundernya lebih besar, yaitu 20 megapiksel dengan aperture f/1,7. 

Pun dengan resolusi kamera depan yang mengalami penurunan, dengan resolusi sebesar 8 megapiksel. Ihwal konektivitas, Oppo R15 Drema Mirror Edition, masih sama dengan Oppo R15. 

Untuk Oppo R15 Dream Mirror Edition, Oppo cuma menawarkan dua varian warna yaitu Dream Red (merah) dan Ceramic Black (hitam). 

Oppo R15 bakal mulai dijual ke pasaran China pada 1 April 2018 mendatang. Harga yang ditawarkan mulai dari 2.999 yuan (setara Rp 6,5 juta) untuk Oppo R15 dan 3.299 yuan (setara Rp 7,1 juta) untuk Oppo R15 Dream Mirror Edition. 

Sejauh ini, belum diketahui apakah duo mid-range ini juga bakal dilempar di pasaran Indonesia atau tidak.