Bocoran Lengkap Spesifikasi dan Harga Oppo A3

PULSAPERMATA.COM - Oppo bersiap meluncurkan versi murah dari OppoF7, dipercaya bakal mengusung seri Oppo A3. Seperti diketahui, Oppo A83 yang diluncurkan sebelumnya termasuk versi murah untuk Oppo F5. Hal yang sama sepertinya akan dilakukan Oppo dengan A3. 

Sebab, dari bocoran yang ada di situs sertifikasi China, TENAA, diketahui hardware Oppo A3 serupa dengan Oppo F7, yaitu chipset MediaTek Helio P60, RAM 4 GB dan media penyimpanan internal 16 GB, yang diklaim dapat dieskpansi sampai 256 GB memakai microSD. 

Tampak muka Oppo A3 juga bakal dihiasi "poni" atau notch, yang termasuk takik mungil yang menjorok di atas layar. Notch tersebut dipakai sebagai rumah kamera depan 8 megapiksel, mirip dengan yang dilakukan Oppo dengan F7.

Diagonal layarnya sepanjang 6,2 inci dengan resolusi gambar 2280 x 1080 piksel, yang serupa dengan kualitas Full HD Plus, tetapi ditambah sedikit piksel karena menyisakan "notch". 


Pada sisi punggung masih sama dengan Oppo A1, yaitu dengan kamera utama 16 megapiksel dan LED flash, dan tanpa ada pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Sebagai gantinya, membuka kunci perangkat bisa memakai fitur face unlock, seperti seri Oppo A83 dan Oppo A1. 

Sistem operasinya sendiri bakal dijalankan dengan Android 8.1 Oreo yang dihiasi antarmuka ColorOS. Dilansir dari GSM Arena, Oppo A3 bakal hadir dalam lima pilihan warna yaitu, biru, hitam, silver, merah, dan gold.

Harga Oppo A3 yang dipatok di China, mulai dari 1,999 yuan atau setara Rp 4,4 juta. Harga ini memang lebih mahal ketimbang harga Oppo F7 saat diluncurkan di Indonesia, yaitu Rp 4,2 jutaan. 


Tapi wajib diingat, saat Oppo F7 diluncurkan secara global, banderol harganya 273 dollar AS atau sekitar Rp 4,6 jutaan untuk versi RAM 4 GB penyimpanan 64 GB. Kemungkinan bila benar diluncurkan di Indonesia, harga Oppo A3 juga bakal lebih murah.