Motorola Luncurkan Android Murah Moto E5 dan G6

PULSAPERMATA.COM - Motorola resmi memperkenalkan jajaran ponsel anyarnya. Vendor yang sekarang dimiliki oleh Lenovo itu merilis lini ponsel untuk pasar menengah, yaitu Moto G dan E. 

Kedua smartphone ini dijual mulai dari 100 dollar AS (Rp 1,3 jutaan) hingga 300 dollar AS (Rp 4 jutaan). Masing-masing mengusung tiga jenis ponsel yang berbeda. 

Untuk lini G, Motorola memperkenalkan Moto G6, G6 Play, dan G6 Plus. Untuk Moto G6 dan G6 Play keduanya mempunyai bentuk yang serupa. Dua ponsel ini mempunyai layar dengan luas 5,7 inci 18:9 dengan bentuk tepian yang melingkar. 

Dikutip dari Techspot, walau desain keduanya serupa, Moto G6 mempunyai spesifikasi yang lebih baik dari G6 Play. 

Perbedaan pertama ada pada punggung ponsel. Moto G6 membawa bahan Gorilla Glass sementara G6 Play bagian belakangnya dilapisi kaca polimer. 

Ponsel Moto G6 dan G6 Play keduanya mempunyai kamera belakang 12 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Tetapi, Moto G6 lebih unggul karena mempunyai kamera belakang ganda beresolusi 5 megapiksel dengan fitur portrait. 

Moto G6 pun lebih unggul pada bagian RAM. G6 punya dua pilihan RAM. Opsi pertama adalah kombinasi RAM 3 GB dan memori 32 GB sedangkan pilihan kedua adalah RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. 

Moto G6 pun hadir dengan resolusi layar Full HD, juga prosesor Snapdragon 450. 

Sedangkan G6 Play yang juga datang dengan ukuran layar yang sama, mempunyai resolusi lebih rendah, sekualitas HD. G6 Play juga cuma mempunyai satu kamera belakang. 

Satu-satunya yang membuat G6 Play unggul ketimbang Moto G6 adalah pada kapasitas baterai. G6 Play disokong baterai sebesar 4.000 mAh sementara G6 cuma 3.000 mAh. 

Sedangkan untuk varian Moto G6 Plus, perbedaannya ada pada ukuran layar yang lebih luas yaitu 5,9 inci dengan bentang 18:9. 

Untuk harga, lini Moto G dipatok mulai dari 200 dollar AS (Rp 2,5 jutaan) hingga 300 dollar AS (Rp 4,1 jutaan).

Moto E 


Lini ponsel Moto E menyasar kelas yang lebih rendah Ketimbang Moto G. Tentu dari segi harga jajaran Moto E juga lebih murah. 

Sama seperti Moto G, ada tiga varian ponsel yang diluncurkan Motorola untuk lini ponsel ini yaitu Moto E5, Moto E5 Play, dan Moto E5 Plus. 

Moto E5 dan E5 Play juga mempunyai tampilan yang juga serupa, cuma berbeda pada ukuran layar. Moto E5 didukung layar 5,7 inci sementara layar E5 Play berukuran 5,2 inci. Dari segi prosesor, keduanya sama-sama didukung oleh Snapdragon 425 dengan kecepatan 1,4 GHz. 

Perbedaan kedua perangkat ini juga ada pada baterai. Selain kapasitasnya yang berbeda, baterai Moto E5 Play yang besarnya cuma 2.800 mAh dapat dilepas dari perangkatnya alias removable, sementara Moto E5 yang berkapasitas 4.000 mAh tidak. 

Untuk varian Moto E5 Plus, ponsel ini mempunyai layar yang lebih besar dari dua varian lainnya. Moto E5 Plus didukung layar 6 inci dengan resolusi 720p dan disokong oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh. 

Untuk harga, jajaran Moto E tentu lebih murah ketimbang Moto G. Varian ini bakal dipasarkan mulai harga 100 dollar AS (1,3 jutaan) sampai 200 dollar AS (Rp 2,5 jutaan).