Xiaomi Siap Luncurkan 2 Ponsel Snapdragon 670, "Sirius" dan "Comet"

PULSAPERMATA.COM - Qualcomm belum meresmikan chipset kelas menengah, Snapdragon 670. Kendati demikian, sudah ada rumor jika dua ponsel Xiaomi akan memakai "otak" tersebut. 

Masing-masing ponsel Snapdragon 670 Xiaomi mempunyai nama kode “Comet” dan “Sirius”. Setidaknya begitu menurut ketua komunitas pengembang aplikasi XDA Developers, Mishaal Rahman, dalam kicauan di akun Twitter personalnya @MishaalRahman. 

“Xiaomi mempunyai (setidaknya) dua perangkat dengan Snapdragon 670, yaitu “comet” dan “sirius”. 

Mengonfirmasi juga laporan @rquandt jika cluster kecil sdm670 mempunyai 6 inti dan cluster besarnya mempunyai 2 inti,” kata Mishaal Rahman.

Belum ada bocoran lebih banyak tentang spesifikasi Comet dan Sirius, begitupun nama komersilnya nanti. Tetapi menurut asumsi khalayak, keduanya bisa jadi adalah Mi Note 4 dan Mi Max 3, sebagaimana dihimpun dari Gizmochina. 

Sebab, pendahulu kedua perangkat itu secara berurutan menggunakan prosesor Snapdragon 660 dan 625. Tak menutup kemungkinan Snapdragon 670 menjadi andalan berikutnya. 

Selain dari nama kode, ada kabar lain yang tercantum pada kicauan Mishall, yaitu soal arsitektur Snapdragon 670. Alih-alih mempunyai 4+4 inti dengan cluster besar dan kecil, Snapdragon 670 memilih 2+6 inti (total 8 inti) dengan cluster kecil mempunyai lebih banyak inti daripada cluster besarnya. 

Bocoran ini belum dapat dipercaya 100 persen, karena belum ada konfirmasi dari pihak Xiaomi atau Snapdragon. Kita tunggu saja kapan Snapdragon 670 dirilis, menyusul smartphone Xiaomi yang mengusungnya.