Xperia XZ2 Premium Resmi Meluncur, Modal Kamera Ganda & Layar 4K

PULSAPERMATA.COM - Tak butuh waktu lama dari "saudaranya" Xperia XZ2 yang meluncur akhir Februari lalu, Sony akhirnya merilis Xperia XZ2 Premium. Sesuai namanya, spesifikasi yang diberikan flagship ini memang masuk kategori kelas atas, setidaknya di atas kertas. 

Terutama pada sisi layarnya, telah membawa resolusi gambar tertinggi, yaitu 4K HDR. Dual-camera atau kamera ganda di bagian belakangnya pun mendukung sensitivitas tinggi, yang dipercaya bisa menghasilkan foto cukup baik di kondisi yang gelap sekalipun. 

Tak cuma menampilkan gambar resolusi 4K HDR, Xperia XZ Premium juga diklaim dapat dipakai untuk merekam video berkualitas 4K HDR. 

Secara desain, Xperia XZ premium nyaris serupa dengan "kakaknya" Xperia XZ2. Dengan material kaca di sisi punggung dan tampilan melengkung. Layar panel LCD-nya seluas 5.8 inci dengan rasio aspek 16:9. 

Di sisi depan tertanam kamera depan dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor low-light 1/3,06 inci.

Kamera ganda di bagian belakang, mempunyai konfigurasi masing-masing 19 megapiksel dan 12 megapiksel, disokong ISO maksimal 51.200 untuk foto dan ISO maksimal 12.800 untuk video. 


ISO yang lumayan tinggi untuk ukuran kamera mobile, bahkan kamera DSLR sekalipun. 

Kamera utamanya dipakai untuk menangkap objek berwarna (RGB), sedangkan kamera sekundernya menangkap gambar monokrom alias hitam putih, yang bertujuan untuk menangkap detail gambar lebih dalam.

Kamera sekunder ini bisa menangkap cahaya dari gambar dan mengombinasikan hasil jepretan dari dua lensa berkat "Aube", prosesor yang bisa menggabungkan gambar. 


Ihwal kamera, Sony mengatakan bila kamera dengan tingkat sensivitas tinggi miliknya bakal menghasilkan gambar yang jelas dan minim noise. Dual-camera Xperia XZ Premium ini juga mampu menghasilkan foto mode portrait alias efek "bokeh". 

Fitur lain dari kamera Xperia XZ Premium adalah 960fps super slow motion yang juga terdapat di flagship Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Sony Xperia XZ2 Premium bakal dijalankan dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo, dan mempunyai kapasitas baterai 3.450 mAh. 

Seperti Xperia XZ2, seri ini pun menghilangkan colokan earphone jack. Pemindai sidik jari membulat di bawah kamera ganda di bagian belakang. Di balik punggungnya terdapat chipset kelas high-end Qualcomm, Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 6 GB.

Sejauh ini, dilansir dari Phone Arena, belum ada informasi resmi berapa harga yang dibandrol Sony untuk flagship premium ini. 


Sony cuma memberikan sinyal jika, Xperia XZ2 Premium bakal mulai ada pada pertengahan 2018, tanpa mengumumkan tanggal, dan tempat perilisan. Yang pasti, ada dua pilihan yang ditawarkan, yaitu warna hitam dan silver.