OnePlus 6 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harganya

PULSAPERMATA.COM - OnePlus resmi meluncurkan OnePlus 6 di London. Dari segi model, OnePlus 6 terlihat berbeda ketimbang "kakaknya" OnePlus 5T. Tetapi spesifikasi dalamnya, cuma naik sedikit dari pendahulunya. 

Bila tahun lalu OnePlus 5T memakai SoC Snapdragon 835 yang termasuk prosesor tertinggi saat itu, OnePlus 6 juga memakai kelas yang sama untuk saat ini. OnePlus 6 didukung chipset Snapdragon 845, dipadukan dengan opsi RAM 6 GB dan 8 GB. 

Displaynya mempunyai luas 6,28 inci dengan pinggiran bezel (bingkai) tipis di sekeliling layar, juga bonus "notch" di sisi atas display. Pada "notch" itu, ada sensor kamera depan dan earpiece. 

"Poni" layar tersebut dapat disembunyikan dengan pengaturan display, sehingga cuma akan terlihat seperti bar notifikasi Andoroid pada umumnya.

Di bagian belakang, terlihat set-up kamera ganda tersusun vertikal ditengah. Tepat dibawah kamera ada LED flash, diikuti sensor pemindai sidik jari yang membulat. Kamera utama mempunyai resolusi 16 megapiksel dan bukaan f/1.7, sedangkan kamera sekundernya beresolusi 20 megapiksel. 


Kamera utamanya mempunyai sensor lebih lebar ketimbang pendahulunya, sehingga dipercaya dapat lebih baik dalam mengahsilkan foto di kondisi remang-remang. 

Untuk kamera depannya membawa konfigurasi 16 megapiksel, mendukung fitur mode portrait alias "bokeh" yang memanfaatkan software dan 2x digital zoom. 

Ada beberapa varian model yang ditawarkan. Pertama adalah yang berbahan punggung kaca dengan warna hitam. Bila dilihat, penampilan belakang OnePlus 6 serupa dengan OnePlus 5T yang berbalut bahan logam. 

Dirangkum dari Business Insider, model ini datang dengan pilihan kapasitas RAM 6 GB dan storage 128 GB, dibanderol harga 580 dollar AS (setara Rp 8,1 juta). 

Ada pula model dengan punggung berbahan kaca kelir hitam dan putih dengan sedikit aksen warna gold. Varian ini mempunyai kapasitas RAM 6 GB dan internal 64 GB yang dijual seharga 530 dollar AS (Rp 7,4 juta).

Walau berpunggung kaca, model ini dipercaya dapat memakai wireless charging, walaupun akan berpengaruh pada kualitas kecepetan pengisian daya ketimbang bahan logam. 


OnePlus 6 masih setia untuk menghadirkan colokan headphone jack, berjajar dengan USB-Type C, dan speaker grill. Walaupun ada fingerprint scanner di bagian belakang, OnePlus 6 juga menawarkan fitur face unlock untuk membuka kunci layar. 

Tombol notification silent (peredam notifikasi) yang dulu ada di kiri, sekarang pindah ke bagian sisi kanan. Baterainya berkapasitas 3.300 mAh yang bisa diisi daya memakai Dash Charger, pengisi daya cepat besutan OnePlus. 

Perangkat ini berjalan dengan OS Android murni 8.1 Oreo yang dilapisi software tipis bernama OxygenOS. OxygenOS memungkinkan OnePlus menambahkan lebih banyak fitur tanpa harus "mengotori" Anroid murni. 

Fitur tambahan yang dimaksud seperti kustomisasi gestur untuk membuka aplikasi. Misal, ingin membuka aplikasi kamera, pengguna cukup menggambar huruf "O" pada layar, maka kamera pun akan terbuka.

Bisa juga menambah kecepatan pemindai face unlock dan display "reading mode" yang bakal memfilter cahaya blue light pada layar, dan mengubahnya ke skala abu-abu. Fitur lain adalah "mode gaming" yang bakal menghalau notifikasi pengganggu, yang muncul ketika bermain game.