Vivo Nex Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

PULSAPERMATA.COM - Sesudah merilis Vivo Apex yang tampilannya menarik perhatian pengunjung Mobile World Congress Februari 2018 lalu, Vivo kembali meresmikan flagship serupa bernama Vivo Nex. 

Seperti Vivo Apex, Vivo Nex juga mempunyai desain yang nyaris bersih dari bingkai (bezel) dan notch sekalipun. Rasio bodi ke layarnya mencapai 91,24 persen. 


Layar super AMOLED yang disebut "Ultra FullView Display", mempunyai luas 6,59 inci dengan dukungan Full HD Plus (2316 x 1080 piksel) dan rasio aspek yang unik yaitu 19,3:9. 


Vivo Nex masih menyematkan sedikit "dagu" tipis di bagian bawah display. Walau tanpa bingkai atau notch yang biasa dijadikan alasan untuk rumah berbagai sensor depan, Vivo punya alternatifnya. 


Membawa teknologi yang mereka sebut "Screen SoundCasting", Vivo Nex mengganti earpiece dengan vibrating screen yang dipercaya mempunyai kualitas bass dan treble yang lebih baik. 


Seperti Vivo Apex, kamera depan didesain muncul secara pop-up dari sisi atas perangkat.


Kamera depan mempunyai resolusi 8 megapiksel dengan bukaan (aperture) f/2.0. Karena tipisnya bezel, sensor pemindai sidik jari ditempatkan di bawah display. 

Tetapi, implementasinya lebih mirip Vivo X21, alih-alih Vivo Apex yang sensornya lebih luas. Artinya, Vivo Nex cuma akan bekerja di area ibu jari di permukaan displaynya. 


Di bagian belakang ada dual lensa yang tersusun vertikal di pinggir. Kamera utamanya beresolusi 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel dengan bukaan f/2.4. 


Lensa belakang didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk pengenalan obyek, mendukung fitur HDR, filter dan komposisi foto. 


Bagian bawah perangkat masih ada headphone jack, berdekatan dengan port pengisi daya. SoC Snapdragon 845 menjadi andalan Vivo Nex yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. 


Baterainya berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim mendukung pengisian daya cepat berkat charger 22.5 W. 


Dilansir dari The Verge, Vivo juga menawarkan Vivo Nex versi murah yang dipersenjatai Snapdragon 710 dan RAM 6 GB serta ROM 128 GB. Vivo Nex bakal dijalankan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dan antarmuka Funtouch OS 4.0.


Perangkat ini juga didukung beberapa fitur berteknologi AI. Seperti Jovi voice assistant yang dapat diaktifkan memakai tombol, layaknya asisten virtual Bixby pada Samsung. Jovi juga dapat mengidentifikasi gambar, membuka aplikasi dan beberapa perintah suara lainnya. 

Vivo Nex bakal mulai dijual di China mulai 13 Juni seharga 4.998 yuan (setara Rp 10,9 juta) untuk varian 8 GB/256 GB dan 4.498 yuan (setara Rp 9,8 juta) untuk varian 8 GB/128 GB. 


Sejauh ini, Vivo belum mengungkapkan apakah akan menjual Vivo Nex di luar pasar China atau tidak.