Sony Xperia XA2 Plus Hadir dengan Audio Hi-Res, Layar Sudah 18:9, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Sony masih ingin menambah jajaran ponsel Xperia-nya. Kali ini Sony secara resmi memperkenalkan Xperia XA2 Plus sebagai perangkat hiburan, lewat fitur audio hi-res dan layar 18:9.  

Ponsel ini sejatinya melengkapi jajaran Xperia XA2 yang telah hadir sebelumnya. Pada Januari lalu, Sony mengumumkan kemunculan Xperia XA2 dan XA2 Ultra. 

Lalu apa perbedaannya dengan dua ponsel sebelumnya? Xperia XA2 Plus adalah versi upgrade baik dari Xperia XA2 atau XA2 Ultra, walau memang tak banyak perubahan yang bisa ditemukan. 

Perubahan yang paling terlihat adalah aspek rasio layar yang dibawa. Xperia XA2 Plus memakai rasio 18:9 dengan rasio screen-to-body 78 persen. Sementara dua ponsel pendahulunya masih menggunakan layar 16:9. 

Dari segi material, Sony juga membuat ponsel baru ini dengan desain dan bahan bodi sedikit lebih premium. Bahan plastik yang ada dibagian belakang diganti dengan panel alumunium baru. 

Dikutip dari MobileSyrup, perbedaan lainnya terletak pada pelindung layar yang telah menggunakan Gorilla Glass 5. Lalu penyimpanan ponsel ini juga dapat ditambah kapasitasnya hingga 400 GB dengan slot MicroSD, sementara dua model sebelumnya cuma mencapai 256 GB.

Dari segi dapur pacu, Xperia XA2 Plus disokong oleh Qualcomm Snapdragon 630 dan dipasangkan dengan RAM 4 GB atau 6 GB. Selain itu, Sony kembali memberikan pilihan ruang penyimpanan internal 32 GB atau 64 GB. 


Sony melengkapi Xperia XA2 Plus dengan audio kelas atas. Ada teknologi Digital Sound Enhancement Engine (DSEE HX) buatan Sony yang dapat meng-upscale file MP3 dan kompresi audio lain menjadi format hi-res. 

Chip pemroses audio dipercaya Sony dapat meningkatkan suara midrange dan bass sehingga menjadi lebih bertenaga. Ada pula teknologi LDAC untuk mentransmisikan musik hi-res lewat Bluetooth. 

Sony Xperia XA2 Plus datang dengan kamera depan tunggal bersensor 8 megapiksel, padahal Sony XA2 Ultra sudah memakai kamera depan ganda dengan resolusi 16 megapiksel dan 8 megapiksel. 

Untuk sisi keamanan, seperti varian Ultra, ada sensor pemindai sidik jari di bagian bawah kamera belakang yang mempunyai resolusi 23 megapiksel. 

Ponsel ini juga memakai sistem operasi Android 8.0 Oreo juga didukung oleh baterai berkapasitas 3.850 mAh. Untuk pengisian daya, ponsel ini disokong teknologi Quick Charge 3.0. 

Tetapi sayangnya sampai saat ini, Sony belum mengonfirmasi berapa harga resmi untuk ponsel cerdas terbarunya tersebut.