Motorola P30 Meluncur September, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

PULSAPERMATA.COM - Motorola sepertinya tak ingin ketinggalan dari vendor lain yang telah meluncurkan ponsel terbarunya. Vendor ponsel ini diketahui sedang menyiapkan Motorola P30 yang bakal resmi diluncurkan pada September nanti. 

Kabar ini terbongkar dari sebuah bocoran yang ada di dunia maya. Dari bocoran itu, dikatakan ponsel ini bakal hadir sekitar tanggal 15 September atau pada pertengahan bulan depan. 

Dikutip dari Phone Arena, Sabtu (18/8/2018), bentuk dan desain ponsel ini terlihat memakai tren kekinian. Bahkan boleh dikatakan tampilannya terlihat seperti iPhone X. 

Motorola P30 mempunyai ukuran layar yang lumayan luas dengan bentang diagonal 6,2 inci dengan resolusi 2246 x 1080. Ponsel ini juga menggunakan aspek rasio 19:9 sehingga layar ponsel bakal terlihat lebih memanjang ke bawah. 

Dari segi dapur pacu, ponsel ini memakai Snapdragon 636. Perlu diketahui, Snapdragon 636 memang tak secepat seri 845 tetapi performa prosesor ini tak dapat dianggap enteng. Prosesor ini bahkan bisa bersaing dengan Snapdragon 820 yang ada di kelas premium.

Beralih ke segi penyimpanan, ponsel ini kabarnya bakal hadir dengan dua kapasitas ROM seluas 64GB dan 128GB. Kedua ROM ini dipadukan dengan RAM sebesar 6GB. 

Pada bagian depan, ponsel ini mempunyai notch alias poni mirip dengan iPhone X. Apalagi bila melihat bagian belakang. Konfigurasi dua kamera yang diposisikan secara vertikal akan membuat ponsel ini semakin patut dikatakan sebagai kloningan iPhone X. 

Bicara soal kamera, Motorola P30 mempunyai kamera depan 12 megapiksel. Sementara pada bagian belakang, ada konfigurasi dua kamera dengan sensor 16 megapiksel dan 5 megapiksel. 

Untuk sumber daya utama, ponsel ini disokong baterai 3.000 mAh. Cukup kecil untuk ukuran sebuah smartphone terkini apalagi ponsel ini memiliki prosesor yang lumayan cepat. 

Pengguna cuma tinggal berharap pada sistem operasi Android Oreo 8.0 supaya efisiensi daya tetap terjaga. 

Sayangnya dari bocoran, tak terlihat adanya sensor sidik jari pada bagian belakang. Dengan begitu ada dua kemungkinan, pertama P30 akan mempunyai sensor sidik jari di bagian layar atau kemungkinan kedua malah tak mempunyai sama sekali dan mungkin akan memakai pemindai wajah. 

Ponsel ini bakal hadir dengan tiga varian warna yang menarik. yaitu "bright black", "ice jade white" dan "aurora. Warna aurora ini yang mungkin lebih menarik untuk dimiliki. Pasalnya warna ini seperti mempunyai gradasi antara biru dan ungu.

Menurut bocoran, Motorola P30 dengan ROM 64 GB bakal dibanderol 303 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta. Sementara varian ROM 128GB dibanderol 360 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta. 


China akan menjadi negara pertama yang dapat mencicipi ponsel kloningan iPhone X ini. Walau begitu belum ada kabar apakah ponsel ini bakal diluncurkan secara global di negara lain.