Ponsel 5G Motorola Moto Z3 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Lengkapnya

PULSAPERMATA.COM - Jaringan 5G baru akan mulai digelar secepat-cepatnya pada awal tahun depan, tetapi Motorola ternyata telah mengantisipasi kedatangan teknologi seluler generasi kelima itu melalui produk ponsel terbarunya, Moto Z3. 

Resmi diumumkan minggu ini, Moto Z3 merupakan model terbaru dari seri ponsel kelas atas Moto Z buatan Motorola. Moto Z3 dijanjikan bakal dapat tersambung ke jaringan 5G operator seluler Verizon di AS melalui aksesori Moto Mods yang bakal diluncurkan belakangan. 

Moto Mods termasuk lini aksesori modular untuk ponsel Motorola Moto Z, Z Play, dan Z Force yang terpasang dengan magnet dan bebrapa konektor khusus di bagian punggung perangkat. 

Jaringan 5G menjanjikan kecepatan transfer jauh lebih tinggi ketimbang 4G LTE saat ini. Bandwidth 5G dapat mencapai kisaran 5 Gbps atau lebih. Verizon tengah berancang-ancang menggelar jaringan 5G di beberapa kota di Amerika Serikat. 

Tetapi, masih belum jelas kapan jaringan 5G Verizon bakal tersedia secara resmi. Begitupun jadwal kedatangan Moto Mods 5G untuk Moto Z3 yang masih belum diumumkan. 

Sebagaimana dirangkum dari Cnet, Motorola Moto Z3 sendiri termasuk ponsel berbanderol 480 dollar AS (Rp 7 juta) yang akan mulai dijual pada 16 Agustus nanti. 

Dapur pacu smartphone ini diperkuat chip Snapdragon 835, RAM 4 GB, media penyimpanan 64 GB dengan dukungan micro-SD sampai 2 TB, baterai 3.000 mAh, kamera ganda di punggung dengan resolusi 12 megapiksel, kamera depan 8 megapiksel, dan sistem operasi Android 8.1 Oreo. 

Layar Motorola Moto Z berukuran 6 inci dan memakai panel AMOLED dengan resolusi 2.160 x 1.080 piksel (aspect ratio 18:9). Ada pula lapisan kaca anti-gores Gorilla Glass 3 untuk melindungi layar tersebut.