Tak Punya Tombol dan Konektor, Ponsel Meizu Zero Resmi Rilis

PULSAPERMATA.COM - Pabrikan ponsel asal China, Meizu, minggu ini merilis ponsel minimalis unik bernama Meizu Zero. 

Sesuai namanya yang berarti "nol" atau "kosong", Meizu Zero tak mempunyai port charging, earphone, speaker, dan tombol volume atau power sebagaimana ponsel lain pada umumnya.   

Meizu Zero juga mempunyai fitur anti-air dan debu dengan dengan sertifikasi IP68.   

Pada aspek desain, Meizu Zero membawa display berukuran 5,99 inci dengan resolusi 1.080 x 2.160 piksel, didukung dengan 2.5D curved reinforced glass yang membulat di sisi kanan dan kiri, serupa Samsung Galaxy S9. 

Karena tak mempunyai lubang speaker, Meizu Zero memakai teknologi mSound 2.0 yang dapat mengeluarkan suara dari display ponsel. Pemindai sidik jari juga ditanamkan di layar. 


Kendati begitu, masih ada beberapa lubang kecil di permukaan Meizu Zero sebagai sarana input suara lewat mikrofon.  

Untuk pengisian daya, karena tak memiliki konektor USB, Meizu Zero akan mendukung wireless charging sampai 18W, mengalahkan kecepatan pengisian nirkabel Apple (7,5W) dan Samsung (9W).    

Untuk tombol navigasi, seperti fungsi tombol back dan home, Meizu memakai fungsi haptic feedback atau nuansa sentuhan untuk pengoperasian pada Meizu Zero.   

Sedangkan untuk kartu SIM, Meizu Zero memanfaatkan teknologi eSIM atau virtual SIM seperti di iPhone model terbaru. Ini artinya ponsel tak memerlukan kartu SIM fisik. Meizu Zero pun tak mempunyai slot kartu SIM.  

Di sisi jeroan, Meizu Zero didukung chip Snapdragon 845. Sayangnya, belum diketahui spesifikasi RAM dan media penyimpanan.


Pada segi antarmuka, Meizu Zero akan dilapisi UI terbaru ala pabrikan yakni Flyme 7, tapi versi OS Androidnya masih belum diketahui secara pasti.   

Walau beberapa spesifikasi sudah terkuak, belum ada informasi ketersediaan dan harga. Ini antara lain karena Meizu Zero masih menunggu persetujuan dari regulator China untuk pemakaian eSIM di dalamnya. 

Tapi, informasi mendetail terkait ponsel ini bisa jadi akan diumumkan di acara MWC di Februari nanti, sebagaimana kami rangkum dari TheVerge.