Cara Menghemat Penggunaan RAM Smartphone Android

PULSAPERMATA.COM - OS Android merupakan sebuah sistem operasi yang mebutuhkan RAM cukup besar dalam aktivitasnya. Dengan begitu, belakangan ini banyak ditemukan smartphone Android yang memiliki RAM hingga 3 atau bahkan 4 GB. Peningkatan kapasitas RAM tersebut, tentunta bertujuan untuk memperlancar kinerja dari smartphone Android itu sendiri.


Bagi Anda yang menggunakan smartphone OS Android dengan RAM 1 GB atau kurang, tentunya harus memperhatikan sisa RAM yang ada agar kinerja smartphone tetap lancar. Berhubungan dengan hal tersebut, kali ini saya akan membahas beberapa cara untuk menghemat penggunaan RAM smartphone Android pada ulasan berikut :

1. Kurangi jumlah aplikasi yang berjalan pada background
Aplikasi yang berjalan pada background, di rasa menjadi salah satu penyebab smartphone Android Anda menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda cukup keluarkan program dari aplikasi tersebut.

2. Matikan ponsel secara berkala
Umunya, jika smartphone digunakan dalam waktu yang lama tanpa di reset/dimatikan memiliki sisa RAM yang lebih minim. Sebaliknya pada smartphone yang baru dinyalakan akan memiliki free RAM yang lebih lebar karena belum banyak menjalankan aplikasi yang berjalan pada background.

3. Install Aplikasi Seperlunya
Salah satu aplikasi yang terkenal boros RAM adalah aplikasi Messenger. Usahakan tidak cukup menggunakan satu aplikasi Messenger saja, selain dapat menghemat pemakaian RAM hal tersebut juga dapat sedikit memperpanjang umur baterai.

4. Gunakan Opera Mini atau UC Browser Mini
Selain dapat mengompress data menjadi lebih kecil, broswer Mini tersebut juga dapat berjalan dengan kapasitas RAM lebih sedikit jika dibandingkan broswer lain seperti Chrome. Kedua aplikasi tersebut juga dapat di unduh secara gratis di Play Store.

5. Gunakan Smart Launcher
Selain cukup simpel, Smart Launcher juga memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Dengan begitu, Smart Launcher hanya membutuhkan sedikit RAM saat digunakan.

6. Lihat penggunaan RAM
Lihat penggunaan melalui settings > Apps > Manage App > geser ke kanan hingga ke bagian Running. Lihat penggunaan RAM dari aplikasi yang ada pada perangkat.

Memiliki smartphone dengan kemampuan performa yang handal tentu tidak sedikit dana yang harus anda keluarkan untuk membelinya. Bagi anda para pecinta gadget dari kalangan menengah tentu anda bisa senantiasa mendapatkan kinerja ponsel yang baik jika anda bisa meminimalisir pemakaian RAM di ponsel pintar anda.

Penggunaan RAM yang berlebihan tentu akan membuat kinerja hp android anda kian lelet dan lemot. Maka salah satu tips mudah untuk mengakalinya adalah dengan Cara Menghemat Penggunaan RAM Smartphone Android seperti yang kami ulasa diatas tersebut.