Cara Mengatasi Baterai di Cas Malah tidak Penuh Atau Full 100%


PULSAPERMATA - Beberapa masalah tentang battery memang sangat menjengkelkan apalagi bila anda mendapatkan kendala seperti baterai hp yang dicas tidak penuh justru makin berkurang. Di sisi lain anda sangat membutuhkan smartphone tersebut untuk beraktivitas.
Memang benar, salah satu alternatif cara untuk mengatasi battery tidak dapat di cas adalah dengan cara Anda dapat membeli powerbank dan cuma perlu diselipkan saja kedalam tas semuanya jadi beres. Tetapi jika baterai tak bertambah ketika di charge ini dibiarkan saja, pemasalahannya tak akan terselesaikan. Powerbank hanyalah sebuah alternatif saja, bukan sebagai sebuah solusi untuk mengatasi baterai hp dicas tapi tidak dapat penuh. Lalu hal apa yang dapat menyebabkan hal ini terjadi?

Penyebab Mengapa baterai tak dapat penuh saat di charge?

Sebagai pemakai smartphone atau gadget lainnya, kita perlu mengetahui bila baterai smartphone yang telah penuh adalah dengan memeriksa indikator baterai sampai 100%.
Penyebab baterai berkurang saat di charge dapat diakibatan oleh beberapa faktor yang terjadi, contohnya kemungkinan ada kerusakan pada port USB, port usb di hp retak, charger yang tak sesuai, sumber listrik yang bukan tempatnya sampai indikator baterai android yang kemungkinan rusak atau error.
1. Pastikan Anda Menghubungkan USB Port Dengan Benar.
Salah satu kemungkinan charger tidak full pada smartphoen itu dikarenakan pada USB port yang ada di smartphone rusak atau patah akibat tak berhati-hati saat menghubungkannya. Jadi ketika anda tengah mengecas gadget usahakan jangan sampai bengkok.
2. Charger yang Tidak Sesuai dengan Aslinya.
Sebelum anda mengecas hp lebih baik jangan asal ngecas hp terlebih dahulu, charger itu ada ukuran dayanya. Misalnya smartphone Anda adalah Samsung Galaxy S7 tapi di charging memakai charger Smartfren Andromax. Selain tak sesuai hal ini juga memungkinkan baterai smartphone akan cepat rusak. Jadi pakailah aksesoris asli saja.
3. Ganti Kebel USB.
Pengguna smartphone yang battery hp nya tak full setelah di cas kelamaan sering mengalami masalah seperti ini sering juga dikarenakan oleh kabel USB yang bocor atau putus dari dalam. Hal ini diakibatkan sering menggulungkan kabel ke kepala charger dengan sangat kuat sampai susah untuk diluruskan kembali.
4. Ganti Baterai Smartphone.
Salah satu penyebab baterai tak terisi saat dicas atau malah berkurang adalah karena rusaknya pada baterai itu sendiri. Coba Anda lihat apakah baterai tersebut menggembung atau mengempis?
5. Charging Dari Sumber yang Benar.
Nah ini salah satu kebiasaan yang sering dilakukan walaupun sedang tak dalam mode darurat adalah ngecas dari laptop. Jangan heran kenapa baterai android tak dapat full karena sumbernya sendiri asal saja.
6. Custom ROM Tidak Cocok.
Untuk yang suka mengkostumisasi smartphone Android dengan custom ROM, kejadian ini sudah biasa. Indikator pada baterai terkadang jadi error dengan menampilkan daya 100% padahal cuma bertahan 15 menit saja. Untuk itu, kembalikan lagi ke ROM asli atau bawaan.
7. Update atau Downgrade Android OS.
Pembaruan sistem yang diberikan biasanya bakal memperbaiki bugs tetapi tak menutup kemungkinan juga justru akan menimbulkan bugs baru yang menimpa baterai smartphone. Bila baterai hp dicas tak dapat penuh setelah di update, lakukan downgrade dan sebaliknya.
8. Lihat Kecepatan Charger Sebelum Diganti.
Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Aplikasi Ampere bisa memperlihatkan kepada kita performa charger ketika mengisi daya. Download aplikasinya di Play store kemudian cas smartphona Anda. Nantinya aplikasi ini bakal menampilkan statistik dari charger tersebut.
9. Matikan dan Reboot.
Salah satu cara mengatasi baterai hp yang tak dapat penuh adlah dengan memuatnya ulang saat reboot. Matikan smartphone Anda lalu cabut baterai, kartu SIM dan MicroSD. Diamkan selama beberap detik lalu pasang dan hidupkan kembali.
10. Factory Reset.
Banyak pengguna yang lebih sering menuduh masalah ini dikarenakan oleh baterai yang telah drop atau charger yang sudah rusak. Padahal Anda pun harus melihat masalah ini dari sisi lain, bisa saja indikator baterai error dan membohongi Anda. Salah satu cara untuk memperbaiki error adalah dengan melakukan factory reset.
Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi battery smartphone yang di cas tidak penuh. Semoga bermanfaat.