Inilah 7 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Rusak Yang Jarang Diketahui

PULSAPERMATA.COM - Tidak bisa dipungkiri, bahwa smartphone menjadi salah satu kebutuhan primer bagi hamper seluruh orang yang ada di muka bumi ini. Bagaimana tidak? Kebutuhan manusia, pada jaman ini, akan berkomunikasi satu sama lain sangat sangat tinggi. Itu menyebabkan handphone menjadi sangat laris, dan smartphone pastinya menjadi pilihan utama bagi orang-orang yang ingin tetap berkomunikasi dengan orang lain secara mudah dan nyaman. Smartphone pun menjadi idola. 
 
Tetapi, tidak  bisa dipungkiri juga bahwa baterai smartphone tidak cukup irit. Bahkan, beberapa smartphone bisa mengalami kerusakan pada baterainya hanya dalam beberapa minggu kali pakai. Penyebab baterai smartphone cepat rusak pun sangat beragam. 

Pada nyatanya, baterai menjadi salah satu elemen yang tidak bisa dilupakan dalam handphone. Pastinya, baterai menjadi nyawa bagi smartphone, dan memiliki nyawa yang banyak bagi smartphone anda sungguh sangat menyenangkan. Tetapi dengan rawannya baterai smartphone untuk rusak, banyak orang yang mulai mencari mencari cara untuk mengamankan baterai mereka dari kerusakan, tetapi tanpa mengetahui kenapa baterai mereka rusak. Berikut ini adalah beberapa penyebab baterai smartphone cepat rusak yang pastinya bisa menjadi referensi anda.

1. Terlalu banyak aplikasi
Smartphone pastinya sangat identik dengan aplikasi. Banyak orang yang menggunakan smartphone mendownload banyak aplikasi yang menurut mereka keren dan bagus untuk smartphone mereka. Tanpa mereka sadari, bahwa smartphone mereka malah menjadi lebih mudah untuk rusak karena smartphone anda terlalu banyak memakan daya untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan. Anda bisa mengakalinya dengan cara hanya mendownload aplikasi yang sekiranya penting untuk didownload saja. Aplikasi yang anda butuhkan jauh lebih penting daripada aplikasi yang anda inginkan. Itu juga akan semakin menjaga kualitas baterai anda.

2. Terlalu banyak digunakan
Smartphone yang baik juga harus digunakan di waktu-waktu yang baik pula. Jangan terlalu sering meggunakan smartphone anda jika anda memang tidak butuh untuk menggunakannnya. Itu akan semakin memakan daya baterai anda.

3. Jangan charge smartphone anda sambil digunakan
Berikan waktu untuk smartphone anda untuk bisa beristirahat. Saat smartphone anda sedang discharge, pastikan anda tidak menggunakan smartphone anda untuk sementara supaya tidak menambah daya berlebih terhadap baterai smartphone anda. Ini juga akan menjaga baterai smartphone anda semakin awet.

4. Penggunaan charge palsu
Charger bajakan memang terjangkau murah, namun anda perlu tahu bahwa dibalik harga yang murah tersebut komponen yang ada di dalamnya berbeda dengan chager asli atau original, dan kekurangan charger bajakan ini tidak mengklaim keamanan, kenyamanan. Jadi jangan ambil resiko menggunakan menggunakan charger bajakan.

5. Digunakan disuhu yang terlalu panas
Ternyata suhu yang terlalu panas dapat merusak baterai ponsel anda. Udara yang panas akan mempertinggi suhu di mesin dan baterai ponsel sehingga ponsel menjadi rusak. Oleh karena itu kurangilah menggunakan ponsel di luar ruangan terutama Bila terkena surya matahari secara eksklusif.

6. Aplikasi terlalu banyak
Kebiasaan mengginstal banyak aplikasi dapat membuat mesin smarphone anda cepat panas. in dapat mempengaruhi baterai anda. karna panas yang dihasilkan akan merusak baterai bukan hanya baterai namun semua komponen hp anda akan rusak bila panas berkelanjutan atau selama pemakaian hp.

7. Smartphone tidak pernah dimatikan
Namanya benda elektronik umur pemakaiannya akan lebih singkat jika di pakai secara terus menerus. gunakan beberapa jam ketika istirahat untuk hp smartphone yang memungkinkan anda tidak akan rugi diwaktu tersebut. Anda bisa mematikan smartphone ketika tak digunakan seperti ketika tidur di malam hari. Mematikan smartphone pada malam hari selain baik buat si smartphone jua baik juga buat kesehatan tubuh anda. Komponen pada dalam smartphone akan beristirahat sejenak serta tidak terus-terusan dipaksa bekerja keras seharian.

Dengan berbagai macam penyebab baterai smartphone cepat rusak tadi, anda bisa semakin mengerti bagaimana menggunakan smartphone anda secara bijak dan tepat. Dengan penggunaan yang tepat dan bijak, pastinya anda akan bisa semakin lebih aman dan nyaman lagi dalam menggunakan smartphone anda. Lebih lanjut lagi, anda harus jauh lebih bijak lagi dalam menggunakan teknologi yang ada, agar anda terbantu oleh adanya teknologi, bukan semakin sulit saat menggunakan teknologi.