10 Cara Kreatif Memanfaatkan Smartphone Lama yang Tidak Terpakai

PULSAPERMATA.COM - Punya smartphone baru memang terkadang membuat kita terburu-buru untuk segera menjual smartphone lama meski dengan harga yang murah. Padahal, jika kamu lebih kreatif dalam memanfaatkannya, ponsel pintar lama punyamu bisa digunakan sebagai perangkat serbaguna nan canggih.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan smartphone lama? Sesuai dengan namanya, ponsel pintar memang dirancang dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan berkirim pesan instan, smartphone bisa kamu gunakan sebagai pengganti modem, GPS, remote TV, dll. Berikut tips kreatif memanfaatkan smartphone lama yang tidak terpakai.



Tips Kreatif Memanfaatkan Smartphone Lama

1. Router Nirkabel
Manfaatkan fitur Wi-Fi Hotspot yang tersemat dalam perangkat smartphone-mu untuk mengakses internet melalui berbagai perangkat lain, seperti PC, laptop, tablet maupun smartphone.

Dengan menggunakan fitur ini, kini kamu tak perlu lagi repot-repot mencari sinyal Wi-Fi atau menancapkan modem ke laptop. Pastikan juga untuk memproteksi jaringan internetmu dengan password agar aman dan tak ada orang lain menggunakan jaringan hotspotmu.

2. Media Player di TV
Jika smartphone-mu dilengkapi lubang kabel untuk TV via MHL atau HDMI, sekarang kamu bisa menikmati video di ponselmu melalui layar TV. Pertama, pastikan dahulu bahwa smartphone kamu memiliki memori berkapasitas tinggi (kami sarankan 32/64GB tergantung budget dan kapasitas memori smartphone-mu.

Selanjutnya, koneksikan TV dan smartphone menggunakan kabel MHL atau HDMI. Jangan lupa juga untuk menyambungkan ponsel dengan charger karena akan mengkonsumsi banyak baterai. Kamu juga dapat melakukan streaming multimedia secara nirkabel melalui DLNA atau Miracast jika smartphone dan TV mu dilengkapi fitur yang mendukung.

3. Penguji Aplikasi Baru
Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang tersedia di marketplace ponsel pintar untuk setiap platform, baik itu Android, BlackBerry, iOS atau Windows Phone. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan smartphone lama kamu untuk mengujinya sebelum diinstal ke ponsel yang baru.

Kamu juga dapat menggunakan ponsel lama untuk menguji berbagai Custom ROM atau menginstal OS versi terbaru, menghapus sejumlah aplikasi tidak penting serta meningkatkan daya tahan baterai serta kinerjanya.

4. Kamera CCTV Nirkabel
Ada sejumlah aplikasi gratis yang dapat dipakai untuk mengkonversi smartphone menjadi kamera CCTV nirkabel. Kamu bisa mencoba IP Webcam untuk Android atau iVigilo SmartCam untuk iOS.

Aplikasi-aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan streaming video. Selanjutnya, kamu bisa melihatnya secara live melalui browser web atau video player apapun yang mendukung streaming.
Caranya, install dahulu aplikasi yang mendukung sesuai dengan OS ponsel kamu. Setelah itu, pasang smartphone-mu di tempat strategis di sekitar rumah. Pastikan juga untuk selalu menghubungkannya dengan charger serta terhubung ke jaringan Wi-Fi. Nah, kini kamera CCTV kamu telah siap dipakai untuk memantau kondisi keamanan.

5. Emulator untuk Game Jadul
Sistem game lama memiliki hardware yang sangat mendasar dibandingkan dengan ponsel dan tablet saat ini. Itu sebabnya, kamu membutuhkan emulator untuk menjalankan game lama di smartphone-mu.

Kini terdapat puluhan aplikasi emulator yang dapat kamu download dari Play Store. Namun kami sarankan untuk menggunakan Nostalgia NES (Nostalgia Emulator). Selain gratis dan cepat, aplikasi ini mendukung berbagai permainan dan menawarkan respon yang baik ketika bermain dengan kontrol pada layar.

6. GPS Navigator
Fitur Google Maps yang tersemat di ponsel Android berguna sebagai alat navigator saat kamu sedang mengemudi. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu tak perlu lagi membeli GPS navigator untuk mobil. Cukup pasang ponsel lama kamu di dashboard mobil dan jalankan aplikasi Google Maps. Sertakan juga powerbank untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu kehabisan baterai.

Untuk mempermudah, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Car Dashboard ( Nez Droid). Aplikasi ini mempunyai interface yang sederhana, ikon yang mudah dilihat, shortcut khusus serta perintah suara.

7. Remote PC
Jika kamu gemar menonton TV via streaming, kini kamu bisa dengan mudah menggunakan ponsel pintarmu sebagai remote controlnya. Pertama, download aplikasi Mobile Mouse Lite (RPA Technology) dan download software servernya di www. mobilemouse.com (perangkat lunak server merupakan komponen penting, dan tersedia untuk Windows & Mac).

Selanjutnya, pastikan smartphone dan PC kamu harus terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama. Dengan menggunakan aplikasi Mobile Mouse Lite, kamu dapat menggunakan smartphone sebagai mouse, keyboard, universal remote dan sebagai pengontrol presentasi. Untuk perangkat iOS, kamu juga dapat mencoba Touch Mouse Logitech.

8. Backup dan Penyimpanan Data
Jika kamu punya hobi hunting foto, manfaatkan smartphone-mu sebagai alat penyimpanana data sementara. Dengan memakai smartphone, kamu tak perlu lagi repot-repot membawa laptop ketika membackup data foto dari kamera. Yang perlu kamu siapkan adalah slot kartu mikro SD (32GB) dan kabel USB.

9. HUD Mobil
Head Up Display (HUD) berfungsi untuk menampilkan informasi di kaca depan mobil sehingga gambar tampak melayang di udara. Keuntungan utama dari HUD adalah kamu bisa dengan mudah melihat alat pengukur langsung di layar kaca mobil. Jika sebelumnya HUD dipakai untuk kebutuhan militer, saat ini teknologi HUD sudah dipakai secara komersil.

Dengan memanfaatkan smartphone lama, kini kamu dapat merasakan sensasi teknologi HUD di mobil kesayanganmu. Caranya, instal aplikasi pendukung, seperti Ulysse Speedometer. Tempatkan smartphone di dashboard mobil dengan layar menghadap ke atas. Aktifkan mode HUD dan gambar pun akan muncul seketika.

Aplikasi ini menggunakan sinyal GPS sehingga secara akurat mampu menghitung kecepatan kendaraan dan menampilkannya dalam HUD.

10. Diagnosa Mobil PLX Kiwi
Instrumentasi mobil saat ini hanya menampilkan informasi dasar seperti kecepatan, RPM & tingkat bahan bakar. Untuk dapat melihat informasi lebih detail, kamu dapat memanfaatkan teknologi komputerisasi di mobil yang disebut port OBD II.

Agar teknologi ini bisa kamu nikmati, manfaatkan ponsel Android atau iOS lamamu. Caranya, install aplikasi yang disebut DashCommand ($49,99) dan PLX Devices' Kiwi ($99 sampai 130). Pasang Kiwi ke port OBD II dan smartphone. Informasi real-time seperti suhu pendingin, kode peringatan, beban mesin dan sebagainya akan dengan mudah kamu pantau.

Nah, demikian info tentang Tips Kreatif Memanfaatkan Smartphone Lama. Sesuai namanya, ponsel pintar ternyata memang dapat digunakan untuk berbagai keperluan sehingga segala sesuatunya pun akan terasa mudah. Selamat bereksperimen!