Moto G5 dan G5 Plus "Bodi Logam" Meluncur, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Duo smartphone Moto terbaru, yakni Moto G5 dan G5 Plus resmi diluncurkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017, di Barcelona. Duo model ini dirancang sebagai smartphone berpenampilan premium, memiliki bodi logam dan spesifikasi kelas menengah.

Moto G5

Moto G5 memiliki spesifikasi hardware lebih rendah. Layarnya menggunakan panel IPS ukuran 5 inci, resolusi full HD, serta dilapisi pelindung anti gores Gorilla Glass 3.

Sementara itu pada bagian otak pemrosesannya terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 430, CPU octa-core 1,4 GHz, RAM 2 GB dan pilihan memori internal 16 GB atau 32 GB. Jika kapasitas memori tersebut kurang, pengguna jika bisa menambahkan microSD berkapasitas maksimal 256 GB.

Kamera utama Moto G5 berketajaman 13 megapiksel dengan bukaan rana F/2.2. Motorola membekali kamera ini dengan fitur phase detection autofocus. Sedangkan kamera depannya dibekali sudut pandang lebar, dengan ketajaman 5 megapiksel dan F/2.2.

Moto G5 dibekali fitur lain berupa baterai 2.800 mAh, sensor pemindai sidik jari, serta sistem operasi Android 7.0 Nougat.

Moto G5 Plus

Sebagaimana dilansir dari GSM Arena, Senin (27/2/2017), Motorola mengumumkan G5 Plus dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan G5. Peningkatan spesifikasi ini terlihat antara lain pada bagian layar dan chipset.

Layar Moto G5 Plus berukuran lebih besar, yakni 5,2 inci. Selain soal ukuran, layar ini masih sama-sama menggunakan panel IPS dan memiliki resolusi full HD atau 1080x1920 piksel.

Sementara itu, otak pemrosesan G5 Plus sedikit lebih tinggi, yakni memakai chipset Qualcomm Snapdragon 625, dengan CPU octa core 2 GHz. Sedangkan RAM dan memori penyimpanan internalnya tersedia dalam dua pilihan, RAM 2 GB atau 4 GB dan memori 32 GB atau 64 GB. Ketersediaan pilihan ini bervariasi tergantung wilayah penjualan.

Ketajaman kamera utama (belakang) Moto G5 Plus adalah 12 megapiksel, ditambah dengan dukungan sensor dual pixel di baliknya dan bukaan rana F/1.7 yang lebih cepat.

Selain itu, Moto G5 Plus juga mendukung perekaman video dalam resolusi 4K, sehingga lebih unggul dibanding Moto G5. Namun soal kamera depan, Moto G5 Plus dan G5 sama-sama memiliki ketajaman 5 megapiksel.

Baterai Moto G5 Plus memiliki kapasitas yang sedikit lebih besar, yaitu 3.000 mAh. Baterai ini dibekali fitur TurboPower Charging untuk mempercepata durasi pengisian daya.

Harga dan ketersediaan

Rencananya Moto bakal mulai menjual Moto G5 dan G5 Plus pada Maret 2017. Wilayah Amerika Latin, Eropa, Asia Pasifik, serta Amerika Utara mendapat prioritas lebih dulu. Belum diketahui kapan duo Moto G baru ini dijual di pasar Indonesia.

Sebagaimana seri G sebelumnya, smartphone ini juga dibanderol dengan harga terjangkau. Moto G5 akan dibanderol mulai 199 euro atau Rp 2,8 juta untuk versi RAM 2 GB/penyimpanan 16 GB. Sedangkan Moto G5 Plus mulai 279 euro atau Rp 3,9 juta untuk versi RAM 2 GB/penyimpanan 32 GB.