7 Fitur Rahasia SHAREit yang Belum Banyak Orang Ketahui


PULSAPERMATA.COMSudah kah kamu tahu cara memakai SHAREit dan fitur-fitur rahasia menarik yang wajib kamu coba?

SHAREit adalah salah satu aplikasi transfer file yang sangat populer dengan ratusan juta download di Google Play Store. Tak heran memang karena dengan SHAREit, pengguna bisa berbagi data secara cepat ke perangkat lainnya. Ditambah lagi sekarang ada banyak sekali fitur yang membuat proses tersebut semakin mudah.
Cara memakai SHAREit ini sangat gampang dan konstan di semua sistem operasi. Jadinya kamu tak perlu kerepotan untuk memindakan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Tentu saja dengan memakai SHAREit, waktu yang dibutuhkan untuk transfer file juga menjadi lebih cepat.
Nah SHAREit dapat menjadi pilihan kalau kamu sering sekali berbagi file ke teman. Untuk kamu yang baru pertama kali, berikut ini langkah cara memakai SHAREit untuk mengirim file atau aplikasi.

Cara Menggunakan SHAREit

  • Pada Home atau layar utama, pilih menu Kirim atau Send.
  • Kemudian pilih aplikasi atau file apa saja yang ingin dikirimkan. Bila semua sudah masuk ke dalam daftar dipilih, tekan tombol Kirim.
  • Pada layar selanjutnya SHAREit akan mencari smartphone yang telah siap menerima file. Tekan gambar smartphone yang akan dikirimkan.
  • Tunggu sampai proses transfer selesai
Mudah bukan cara memakai SHAREit untuk mengirimkan file atau aplikasi? Tetapi ternyata SHAREit juga memiliki fitur tersembunyi lainnya yang belum tentu diketahui oleh kamu. Penasaran? Ini tujuh fitur rahasia SHAREit yang dapat kamu coba. 

Fitur Tersembunyi SHAREit

1. Group Share

Fitur Group Share memungkinkan kamu untuk berbagi data atau file ke beberapa smartphone secara bersamaan. Untuk memakai fitur ini salah satu smartphone harus membuat grup terlebih dahulu, baru kemudian smartphone lainnya bergabung ke dalam grup tersebut. Setelah terhubung, file yang diunggah oleh anggota dapat langsung diunduh oleh anggota lainnya secara bersamaan.
Dengan adanya fitur ini tentu sangat memudahkan untuk berbagi file karena sekarang tak perlu mengirimkan file ke banyak smartphone secara satu per satu. Menariknya di dalam grup ini kamu juga dapat sekaligus chatting ke sesama anggota.

2. WebShare

Biasanya untuk dapat memakai layanan seperti aplikasi SHAREit ini kedua smartphone harus sudah install aplikasi tersebut. Nah dengan memakai fitur WebShare, si penerima tak harus memasang aplikasi SHAREit terlebih dahulu. Jadi kamu tetap bisa mengirimkan file dengan mudah ke siapa pun termasuk yang tidak memasang aplikasi SHAREit.
Cara memakai fitur ini kamu dapat memilih menu WebShare lalu akan secara otomatis membuat hotspot. Selanjutnya si pengirim tinggal mengubungkan smartphone ke jaringan Hotspot yang sudah dibuat tersebut dengan cara memilih lewat pengaturan WiFi, memindai QR Code, atau mengakses alamat IP yang diberikan di browser.

3. Share Zone

Share Zone adalah fitur yang tak kalah uniknya dibandingkan dengan Group Share. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat suatu tempat publik yang dapat diakses oleh pengguna lain. Jadinya pengguna dapat langsung mengunduh file yang ada tanpa harus melakukan proses konvensional seperti biasanya.
Untuk memakai fitur ini kamu tinggal membuat Share Zone lalu memilih file mana saja yang ingin dimasukkan ke zona. Kemudian pengguna lain bisa masuk ke zona yang sudah kamu buat dan dapat mengunduh semua file tersebut sesukanya.
Fitur ini cocok ketika kamu mempunyai file yang sering dibagikan sehingga tak perlu secara manual mengirimkan satu per satu file tersebut ke pengguna lain. Cukup dengan memasukkan file ke zona, kamu tak perlu bersusah payah selanjutnya.

4. Presentation Controller

Aplikasi SHAREit kini tak cuma dapat dipakai untuk berkirim file saja, tetapi juga ada fitur bernama Presentation Controller. Fitur ini memungkinkan kamu mengendalikan slide presentasi seperti PowerPoint dari sentuhan jari di smartphone. Tentunya kedua perangkat harus sudah terpasang aplikasi SHAREit terlebih dahulu.
Caranya juga sangat gampang kok karena tinggal menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop lewat menu Connect PC. Kemudian pilih menu PPT Control untuk dapat mengendalikan slide presentasi yang dibuka di komputer dari smartphone.

5. Play To

Fitur Play To ini memiliki tujuan yang sangat sederhana, yaitu menampilkan kumpulan foto yang ada di smartphone ke perangkat lain. Jadinya kamu tak harus memindahkan dulu foto-foto tersebut ke komputer untuk dapat melihat bersama teman di layar yang lebih besar.
Caranya mirip seperti presentation controller dengan menghubungkan smartphone ke komputer lewat menu Connect PC. Kemudian tinggal aktifkan fitur Play To dan pilih gambar mana saja yang ingin ditampilkan. Seberapa cepat gambar ditampilkan tentunya dipengaruhi oleh besar gambar dan kecepatan jaringan.

6. Duplicate File Manager

Fitur satu ini berbeda dari lainnya karena lebih mirip aplikasi pembersih data. Duplicate File Manager berfungsi untuk mencari file atau data ganda atau duplikat supaya penyimpanan tak dipenuhi file begitu saja secara percuma.
Space Analyzer nantinya bakal secara otomatis memindai file mana saja yang mempunyai duplikat, kemudian kita dapat memilih apakah akan dihapus atau tidak. Pastinya fitur ini dapat membuat kapasitas penyimpanan kamu sedikit lebih lega untuk dipakai keperluan lainnya.

7. Remote View

Fitur terakhir ini termasuk fitur yang paling pentig untuk saya karena dapat mengambil data dari komputer atau laptop dengan cepat lewat smartphone. Remote View memungkinkan kamu untuk mengeksplor partisi komputer dan memindahkan data tersebut ke smartphone.
Untuk memakai Remote View juga terbilang sangat gampang karena tinggal menghubungkan komputer ke smartphone lewat Connect PC, lalu memilih menu Remote View. Selanjutnya langsung kamu bisa melihat seluruh data yang ada di komputer untuk dipindahkan.
Seperti itu lah cara memakai SHAREit beserta fitur rahasia yang jarang diketahui oleh orang. Banyak fungsinya bukan? SHAREit kini dapat kamu pakai tak cuma sekedar untuk mengirim file atau aplikasi antar sesama pengguna saja tetapi juga untuk lainnya.
Masih banyak lagi fitur-fitur SHAREit yang dapat kamu pakai seperti mereplika data smartphone lama dan memindahkannya ke smartphone baru.