OnePlus 5T Resmi Meluncur, Sudah "Bezel-less" dan Upgrade Kamera, Harganya?


PULSAPERMATA.COM OnePlus 5T akhirnya resmi meluncur setelah sebelumnya ramai menjadi rumor. Sebagai penerus OnePlus 5, OnePlus 5T mengikuti tren desain layar bingkai tipis (bezel-less) dengan rasio 18:9. OnePlus 5T menjadi lini pertama OnePlus yang memakai tren layar bingkai tipis ini.

Layar OnePlus 5T berukuran 6 inci dengan materi berjenis OLED, sama dengan materi yang dibawa lini Samsung Galaxy terbaru. Kerapatan layar OnePlus 5T 401 ppi dipercaya bisa menampilkan visual yang bersih, tajam, dan kaya warna.

Untuk kebutuhan mengambil gambar dan merekam video, kemampuan kamera ganda OnePlus 5T ditingkatkan, terutama untuk bukaan lensa (diafragma) di dua kamera belakangnya.

Kamera pertama menggunakan sensor Sony IMX398 dengan resolusi 16 megapiksel. Sedangkan kamera keduanya memakai sensor Sony IMX376K dengan resolusi 20 megapiksel. Keduanya membawa focal lenght yang sama, yaitu 27 mm. Focal length lensa kamera belakang ini jadi menyempit, dari sebelumnya 24 mm di OnePlus 5.

Kedua kamera belakang OnePlus 5T juga membawa lensa dengan bukaan lebar f/1,7 dan teknologi Intelligent Pixel untuk menangani kondisi minim cahaya. Sebelumnya, di lini OnePlus 5 pendahulunya, kamera telephoto-nya cuma mempunyai bukaan f/2,6. 

Tak ada fitur telephoto (zoom optik 1,6x) seperti OnePlus 5 di OnePlus 5TWalau begitu, kamera 20 megapiksel OnePlus 5T merekam informasi kedalaman bidang (depth of field), sehingga dapat menghasilkan foto bokeh seperti telephoto.

OnePlus 5T menanamkan fitur anyar bernama “Face Unlock” yang memungkinkan pengguna membuka ponsel dengan sistem pengenalan wajah. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan kamera depan OnePlus 5T. Prinsipnya lebih kurang sama seperti FaceID pada lini iPhone X.

Meski telah ada Face Unlock, OnePlus 5T tetap didukung pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Pengguna dapat memilih salah satu atau keduanya untuk menjamin keamanan.

Dari segi jeroan, OnePlus 5T mengikuti jejak lini flagship dengan mengusung chip Snapdragon 835, dan disokong grafis GPU Adreno 540. Ada dua opsi kombinasi RAM dan memori, yaitu 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB.

Tak ada slot microSD yang disediakan. Pengguna cuma mempunyai slot untuk dual nano-SIM. Spesifikasi lain dari OnePlus 5T meliputi baterai 3.300 mAh dan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, sebagaimana dihimpun dari TheVerge.

OnePlus 5T cuma tersedia dalam warna hitam dan mulai dijual di beberapa negara mulai 21 November. Harga OnePlus 5T mulai 499 dollar AS (Rp 6,7 jutaan) untuk versi RAM 6 GB penyimpanan internal 64 GB dan 599 dollar AS (Rp 8 jutaan) untuk versi RAM 8 GB penyimpanan internal 128 GB.

Lini ini tak akan menyapa pasar Tanah Air, sebab OnePlus sudah menyatakan keluar dari Indonesia akhir 2016 lalu. OnePlus terhalang aturan tingkat kandungan dalam negeri TKDN 30 persen untuk ponsel 4G yang beredar di Indonesia.