Sony Rilis Xperia XA2 dan XA2 Ultra, Ini Spesifikasi Lengkapnya


PULSAPERMATA.COM - Sony meluncurkan tiga smartphone sekaligus di acara CES 2018, Las Vegas, Amerika Serikat. Dua di antaranya menyasar pasar kelas menengah, yaitu Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra, sedangkan satu lainnya untuk kelas budget, yaitu Xperia L2.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra memberikan peningkatan dari segi prosesor. Bila seri sebelumnya menggunakan Mediatek Helio P20 dengan proses fabrikasi 16 nm, duo Xperia XA2 teranyar menggunakan Qualcomm Snapdragon 630 dengan teknologi 14 nm yang memungkinkan transmisi data lebih cepat.

Salah satu yang membedakan Xperia XA2 dan XA2 Ultra dapat dilihat dari kapasitas baterai. Varian Ultra sedikit lebih garang dengan baterai 3.580 mAh, sedangkan yang standar cuma 3.300 mAh.

Keduanya telah didukung fitur QuickCharge 3.0 yang dapat diandalkan untuk mengisi daya 40 persen lebih cepat dari biasanya.

Selain baterai, perbedaan juga terlihat dari segi ukuran. Xperia XA2 membawa tampilan Full HD dengan ukuran layar 5,2 inci. Sedangkan itu Xperia XA2 Ultra masih dengan tampilan Full HD, tetapi ukurannya 6 inci.

Beberapa spesifikasi lain dari Xperia XA2 adalah RAM 3 GB dengan memori 32 GB yang dapat diekspansi dengan menggunakan slot microSD hibrida. Artinya, bila memilih menambah memori, tak daapt memakai dual-SIM.

Xperia XA2 Ultra lebih besar dari segi kapasitas penyokong performa, RAM-nya 4 GB dan memorinya dapat dipilih antara 32 GB atau 64 GB. Ada slot microSD yang dedicated untuk menambah kapasitas memori.

Ada beberapa perubahan desain bila dibandingkan seri sebelumnya. Kamera utama dipindahkan dari sisi atas kiri ke sisi tengah pada bagian punggung. Kamera itu berjejeran dengan sensor pemindai sidik jari alias fingerprint scanner.

Soal kamera, Xperia XA2 dan XA2 Ultra sama-sama menggunakan sensor berkualitas 23 megapiksel dengan bukaan f/2.0 pada sisi belakang. Untuk selfie, kedua lini memakai kamera 8 megapiksel dengan lensa wide dan fixed-focus.

Bedanya, varian Ultra memiliki kamera ganda alias dual-cam untuk selfie. Selain kamera 8 megapiksel, ada pula kamera 16 megapiksel untuk menjepret portrait yang apik.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra rencananya bakal mulai dipasarkan pada Februari 2018 mendatang.


Sony Xperia L2

Selain duo smartphone kelas menengah, Sony tak melupakan smartphone untuk kelas entry-level. Lini ini mempunyai desain yang nyaris sama dengan Xperia XA2, tetapi spesifikasinya lebih standar.

Ukurannya lauyarnya 5,5 inci dengan tampilan 720 piksel. Prosesornya memakai Mediatek MT6737T, diduetkan dengan RAM 3 GB dan memori 32 GB yang dapat tambahkan dengan slot microSD yang dedicated.

Kameranya memakai sensor berkualitas 13 megapiksel di bagian belakang dan 8 megapiksel untuk selfie. Baterainya sendiri diklaim lumayan dengan kapasitas 3,300 mAh. Bila Xperia XA2 dan XA2 Ultra berjalan pada sistem operasi  Android Oreo 8.0, maka Xperia L2 masih dengan Android Nougat 7.1.1.

Lini budget ini mulai dipasarkan pada akhir Januari mendatang. Belum ada daftar harga yang diungkap untuk ketiga lini.