Oppo A1 Resmi Rilis, Bisa Ambil Foto 50 Megapiksel, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Sesudah meluncurkan duet Oppo R15 dan R15 Dream Mirror Edition, diam-diam Oppo juga mengumumkan perangkat baru seri A, yaitu Oppo A1 untuk pasar China. 

Dari namanya serupa produk Xiaomi, yakni Mi A1 yang mempunyai kamera ganda di sisi belakang dan dihargai lumayan murah, sekitar Rp 3 juta.  

Bagaimana dengan Oppo A1, apakah spesifikasi lebih tinggi dan harganya dapat bersaing dengan Xiaomi Mi A1? 

Oppo A1 mengandalkan kamera belakang yang dapat menghasilkan gambar 50 megapiksel. Kamera belakang Oppo A1 sebenarnya membawa sensor 13 megapiksel, tetapi hasil foto dapat diperbesar setara 50 megapiksel berkat software interpolasi. 

Teknik interpolasi adalah teknik meningkatkan resolusi, dengan memanipulasi (meniru) piksel. Software mengenali warna piksel sekitar, kemudian mengisi piksel kosong yang ada di dekatnya.

Dengan cara ini, foto asli resolusi 13 megapiksel dapat ditingkatkan menjadi seperti foto resolusi 50 megapiksel.

Kamera depan Oppo A1 sendiri didukung sensor 8 megapiksel. Secara keseluruhan, bentuk Oppo A1 lumayan sederhana dengan layar lengkung 2,5D yang membulat di sudutnya. Pada bagian belakang, ada kamera tunggal dengan LED flash.

Khusus perangkat berkelir putih, desainnya seperti lebih elegan ketimbang warna merah atau biru. Bila dilihat dari gambar, punggungnya memantulkan cahaya, yang mengindikasikan bila bagian punggung dilapisi material kaca. 


Menurut lansiran Gizmo China, Senin (26/3/2018), Oppo A1 membawa layar dengan bentang seluas 5,7 inci dengan rasio kekinian 18:9. 

Spesifikasi hardware yang telah terungkap adalah RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, juga baterai berkapasitas 3.180 mAh. Belum diketahui jenis chipset yang digunakan Oppo A1. Tetapi bila melihat seri A terakhir, yaitu Oppo A83, "otaknya" memakai chipset MediaTek MT6763T Helio P23. 

Dari foto yang beredar, ada tiga varian warna Oppo A1 yang diluncurkan, yaitu dark blue (biru), cherry red (merah), dan putih. 

Seperti seri Oppo A83 juga, pemindai sidik jari di Oppo A1 turut absen, dan digantikan oleh fitur face unlock. Oppo A1 rumornya bakal dijual dengan harga 1.399 yuan (setara Rp 3 jutaan) dan segera dipasarkan mulai 1 April di pasaran China.