Oppo A3 Resmi Rilis, Harganya?

PULSAPERMATA.COM - Oppo merilis smartphone kelas menengah ke bawah terbaru bertajuk “A3” di pasar China. Sekilas desainnya serupa Oppo F7, R15, dan R15 Pro, karena sama-sama mempunyai poni (notch). 

Oppo A3 membawa layar Full HD+ berukuran 6,2 inci dengan aspek rasio 19:9. Tak seperti lini lainnya, Oppo A3 tak didukung fitur keamanan pemindai sidik jari (fingerprint scanner). 

Oppo memilih fitur pengenal wajah (facial recognition) untuk menjamin keamanan pengguna dari oknum-oknum jahil. Facial recognition itu dapat membuka smartphone dalam waktu 0,08 detik. 

Dari sisi kamera, Oppo A3 memakai sensor berkualitas 16 megapiksel dengan bukaan F/1.8. Desain belakangnya bermotif berlian yang membuat perangkat terlihat elegan dan mahal.

Di bagian depan, terdapat kamera berkualitas 8 megapiksel dengan bukaan F/2.2 untuk foto selfie. Kamera itu ditanamkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan hasil selfie tanpa membuatnya palsu, juga mengganti gambar background. 


Untuk performa, Oppo A3 mengandalkan prosesor octa-core Helio P60 besutan MediaTek. Kapasitas RAM-nya 4 GB, sedangkan memorinya dinilai lumayan dengan 128 GB. Bila belum juga puas, Oppo A3 menawarkan slot microSD untuk menambahkan memori eksternal. 

Oppo A3 masih memakai konektor micro-USB standar, belum beranjak ke USB-C yang sudah menjamur saat ini. Sistem operasinya sudah Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.0. 

Smartphone ini tersedia dalam varian warna hitam, silver, merah muda, dan merah. Harganya dibandrol 330 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 jutaan. 

Saat ini Oppo A3 dijual eksklusif untuk pasar China. Belum jelas kapan perangkat itu bakal dijual di negara-negara lain, termasuk Indonesia.