Harga dan Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi 8, Hadir dalam 3 Versi

PULSAPERMATA.COM - Xiaomi resmi merilis lini Mi 8, yang menjadi edisi khusus ulang tahun vendor asal China itu. Karena edisi spesial, Xiaomi menghadirkan tiga edisi sekaligus, yaitu Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, dan Xiaomi Mi 8 SE. 

Mi 8 

Salah satu yang paling mencolok di ketiga edisi tersebut yaitu kemunculan "notch" alias "poni" berukuran lumayan lebar yang menjorok di atas display. Dengan begitu, Mi 8 resmi menjadi ponsel pertama Xiaomi dengan desain "poni" layar. 

"Notch" menjadi rumah sensor kamera depan 20 megapiksel dengan teknologi AI bokeh, sensor proximity, earpiece, infrared lighting, dan infrared face unlock. Layar Xiaomi Mi 8 seluas 6,2 inci dengan panel OLED besutan Samsung. Bodi belakangnya berbahan kaca dengan bingkai alumunium. 

Tertanam set-up dual kamera di bagian belakang yang tersusun secara vertikal di sebelah kiri. Masing-masing kamera mempunyai resolusi 12 megapiksel, dengan masing-masing bukaan f/1.8 dan f/2.4. 

Sensor utama Xiaomi Mi 8 memakai Sony IMX363 dan untuk sensor sekunder memakai S5K3M3 dari Samsung. Dual kamera Mi 8 dipercaya menembus angka 105 skor DxOMark untuk foto. Nilai total kamera yang di peroleh Mi 8 adalah 99, di mana skor ini sebanding dengan Samsung Galaxy S9 Plus. 

Xiaomi juga mengatakan bila Xiaomi Mi 8 menjadi ponsel pertama yang memakai dual-frequency GPS untuk menawarkan data lokasi yang dipercaya lebih akurat. Dalam peluncuran Mi 8, Xiaomi juga meluncurkan MIUI 10, tetapi untuk Mi 8 masih memakai antarmuka MIUI 9 yang berjalan dengan OS Android Oreo yang dijanjikan dapat di-upgrade ke MIUI 10 nantinya.

Untuk sektor hardware, Xiaomi Mi 8 didukung chip Snapdragon 845, dipadukan dengan RAM 6 GB dan pilihan storage dari 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Khusus Xiaomi Mi 8, baterai yang terpasang berkapasitas 3.400 mAh. 


Mi 8 Explorer Edition

Sebenarnya, urusan spesifikasi antara Mi 8 dan Mi 8 Explorer Edition terbilang sama. Perbedaan emncolok keduanya cuma dari segi desain. Bila Mi 8 menanamkan sensor sidik jari di punggung perangkat seperti lini Xiaomi sebelumnya, Mi 8 Explorer Edition membawa in-display fingerprint. 

Salah satu kejutan Xiaomi di edisi ini yaitu desain panel belakang yang transparan, sehingga komponen dalam bagian belakang terlihat jelas. Mi 8 Explorer Edition didukung pula dengan teknologi pengenal wajah 3D (3D facial recognition). 

Sensor ini menggantikan posisi sensor infrared face unlock di Xiaomi Mi 8 biasa. Dirangkum dari The Verge, Xiaomi menyebutkan bila Mi 8 Explorer Edition menjadi ponsel Android pertama yang membawa teknologi ini. 

Sebelumnya, teknologi 3D facial recognition baru diadopsi oleh iPhone X. Edisi ini dirilis dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Xiaomi Mi 8 Explorer Edition membawa baterai lebih kecil, yaitu 3.000 mAh dengan Quick Charger 4.0 yang juga ada di Mi 8. 

Mi 8 SE

Xiaomi Mi 8 SE menjadi edisi terendah diantara semua lini Mi 8. Ukuran display-nya lebih mungil, yaitu 5,8 inci dengan panel OLED. Edisi ini memakai chip anyar Qualcomm, yaitu Snapdragon 710. Mi 8 SE menjadi ponsel pertama yang menanamkan chip ini untuk prosesornya. 


Chip itu dipadukan dengan grafis Adreno 616, juga pilihan RAM 4 GB dan 6 GB dengan masing-masing kapasitas ROM 64 GB. Konfigurasi kameranya pun berbeda dari dua edisi sebelumnya. 

Sama-sama menggunakan dual-lensa, tetapi konfigurasi kamera utamanya 12 megapiksel dengan bukaan f/1.0 dan kamera sekunder 5 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Untuk kamera selfie di depan, masih beresolusi 20 megapiksel dengan teknologi AI bokeh. 

Kapasitas baterai sebesar 3.120 mAh dengan Quick Charge 3.0. Seperti Mi 8, sensor fingerprint tersemat di bodi belakang perangkat. 

Harga 

Di pasaran China, Xiaomi Mi 8 bakla dijual mulai dari 2,699 yuan (setara Rp 5,8 juta) untuk varian ROM 64 GB. Varian ROM 128 GB bakal dijual 2.999 yuan (setara Rp 6,4 juta), sementara ROM 256 GB seharga 3.299 yuan (setara Rp 7,1 juta).

Untuk Mi 8 Explorer Edition dijual 3.699 yuan (setara Rp 8,1 juta). Mi 8 SE bakal mulai dijual seharga 1.799 yuan (setara Rp 3,9 juta) untuk varian RAM 4 GB dan 1.999 yuan (skeitar Rp 4,3 juta) untuk varian RAM 6 GB. Flagship ini baru akan dilempar ke pasar China tanggal 5 dan 8 Juni mendatang.