Kelebihan dan Kekurangan Wiko Tommy 3, Masih Pantas Dibeli?

PULSAPERMATA.COM - Selang beberapa waktu peluncurannya,  Wiko Tommy 3 berhasil menyita lumayan banyak perhatian di pasar kelas entri, karena didukung beberapa kelebihan di samping kelemahannya.
Sekilas, ponsel baru ini hadir dengan mengusung spesifikasi yang cukup biasa saja. Yang mana, ponsel ini cuma didukung dengan chipset Mediatek 6739 Quad-core 1,3GHz, dengan RAM berkapasitas 1 GB dan memori internal sebesar 16 GB.
Tapi walaupun demikian, perusahaan pengembang ponsel asal Perancis yang mengembangkan ponsel ini cukup tahu bagaimana kebutuhan dan permintaan pasar entri di Indonesia. Karena selain mempunyai kekurangan, perangkat ini juga membawa cukup banyak kelebihan.

Kelebihan

Didukung Skyroam SIMO

Untuk pertama kalinya, sebuah ponsel baru mengusung teknologi virtual SIM (v-SIM) di Indonesia. Bekerja sama dengan Skyroam, Wiko menawarkan Wiko Tommy 3 dengan teknologi v-SIM itu dengan memakai aplikasi Skyroam SIMO.
Dengan memakai aplikasi ini, pengguna Wiko Tommy 3 tak usah khawatir saat sinyal operator selulernya sedang buruk atau tak ada Wi-Fi di sekitarnya. Dengan memakai teknologi ini, Wiko Tommy 3 bisa terhubung ke internet walaupun tanpa kedua hal tersebut.
Berkat kerja sama Skyroam dengan 300 operator di 135 negara, aplikasi Skyroam SIMO ini dapat dipakai untuk menghubungkan perangkat dengan v-SIM ke BTS dari penyedia layanan telekomunikasi seluler lokal.
Untuk memakai aplikasi ini, kamu pun harus berlangganan paket data yang ditawarkan oleh aplikasi. Menariknya, paket datanya dipercaya lebih murah bila dibandingkan dengan paket data yang ditawarkan oleh operator pada umumnya.
Bahkan selama enam bulan pertama, Skyroam dan Wiko menawarkan paket data gratis sebesar 1 GB untuk setiap bulannya kepada para pemakai Wiko Tommy 3.

Layar Full View

Untuk menawarkan kenyamanan bagi para penggunanya dalam melakukan beragam aktivitas, Wiko Tommy 3 dibuat dengan layar full view dengan aspek rasio kekinian, yaitu 18:9. Jadi, dengan ukuran ini, perangkat bakal lebih nyaman untuk digenggam.

Android Go

Sebenarnya tak semua orang bakal sependapat dengan hal ini, karena tak dapat dipungkiri sistem yang termasuk versi lite ini mempunyai beberapa kekurangan ketimbang sistem Android pada umumnya.
Tapi, dengan memakai sistem operasi versi mini ini, perangkat berspesifikasi minimal bisa berjalan dengan lebih baik, karena sistem ini tak terlalu boros RAM dan juga memori internal.

Didukung Face Unlock

Walaupun tak menawarkan sensor fingerprint, sebagai gantinya Wiko memakai teknologi pengenalan wajah atau biasa disebut dengan Face Unlock. Fitur ini bisa mengenali sampai 128 titik dan dapat dipakai dengan sangat cepat untuk membuka layar.

Kekurangan

Resolusi Layar Kecil

Memang tak banyak yang dapat diharapkan dari ponsel dengan harga kurang dari Rp 1 Juta ini. Dengan bandrol harga tersebut, Wiko Tommy 3 cuma didukung dengan layar berukuran 5,45 inci dengan resolusi FWVGA+ (960 x 480).

Kamera Biasa Saja

Perangkat ini juga didukung dengan kamera beresolusi 8 MP untuk kamera utama dan 5 MP untuk kamera depannya. Untuk sekarang ini, ukuran kamera itu termasuk cukup kecil bila dibandingkan ponsel lain.
Tapi tenang saja, Wiko menawarkan cukup banyak fitur di dalam sektor fotografi dari perangkat barunya ini, termasuk di antaranya seperti fitur HDR dan Potrait Blur yang dapat dipakai untuk membuat foto bokeh.