10 Smartphone dengan Kamera Terbaik Versi 2017, Punyamu yang Mana?


PULSAPERMATA.COM - DxOMark adalah salah situs yang berpengaruh dengan review-review seputar kamera DSLR, mirrorless, sampai smartphone.
Tak lama lagi tahun 2017 berakhir dan DxOMark sudah memilih daftar 10 smartphone dengan kamera terbaik di tahun 2017. Tentu saja posisi puncak belum tergoyahkan dan Google Pixel 2 masih menjadi raja smartphone dengan skor total 98 poin dalam daftar ini.
Dapat dikatakan Google tak mengikuti tren saat ini karena Google Pixel 2 cuma didukung satu kamera belakang beresolusi 12 MP yang bisa menampilkan foto bagus, bahkan berefek bokeh (background blur) yang lebih baik ketimbang smartphone dua kamera lainnya.
Berikutnya, smartphone dengan performa terbaik di dunia saat yang bernama Apple iPhone X berhasil menduduki peringkat kedua dengan skor total yang mencapai 97 poin. Sekilas, smartphone besutan Apple ini sudah didukung dengan dua kamera utama 12 MP yang diposisikan secara vertikal.
Sedangkan, Huawei Mate 10 Pro yang mempunyai chipset Kirin 970 dengan kecerdasan buatan berhasil menduduki peringkat ketiga dengan skor 97 poin yang nyaris sama dengan iPhone X. Menariknya, kecerdasan buatan yang dimilikinya membantu kemampuan kameranya dengan signifikan.
Menariknya, Huawei masih bekerja sama dengan Leica untuk menghadirkan dua kamera utama Mate 10 Pro yang mempunyai kombinasi 12 MP bersensor RGB (berwarna) dengan aperture f/1.6 + 20 MP bersensor monokrom (hitam putih) dengan aperture f/1.6.
Beralih ke posisi empat berhasil diduduki oleh Apple iPhone 8 Plus yang mempunyai dua kamera 12 MP dengan posisi secara horizontal. Smartphone yang satu ini memperoleh skor yang mencapai 94 poin yang sama dengan Galaxy Note8 di posisi kelima.
Samsung Galaxy Note8 sendiri mempunyai kombinasi dua kamera 12 MP yang bisa menciptakan bokeh (background blur) dengan instan berkat adanya fitur Live Focus. Hampir sama dengan sistem Mate 10 Pro, tingkat blur pada hasil fotonya masih dapat diedit lagi.
Berikutnya, Apple iPhone 8 ternyata berhasil menduduki peringkat keenam dengan skor 92 poin. Menariknya, smartphone yang pernah menjadi jawara seperti Google Pixel dan HTC U11 masih bertahan di posisi ketujuh dan kedelapan dengan sama-sama meraih skor 90 poin.
Bahkan Xiaomi Mi Note 3 yang mempunyai dua kamera pun bisa masuk ke peringkat kesembilan dengan peroleh 90 poin juga. Terakhir, Apple iPhone 7 Plus yang sudah hadir tahun lalu pun dapat bertahan di peringkat kesepuluh dengan skor 88 poin.
Terlihat smartphone yang cuma mempunyai satu kamera pun dapat menjadi yang terbaik. Sedangkan, Apple memang telah teruji kualitas kameranya yang terlihat dari berhasilnya 4 iPhone berada dalam daftar 10 smartphone dengan kamera terbaik tahun 2017. Nah, kira-kira apakah smartphone kamu masuk daftar?