Nokia 1 Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Bawah Rp 1 Juta

PULSAPERMATA.COM - HMD Global selaku pemegang merek smartphone Nokia resmi meluncurkan produk terbarunya, Nokia 1, ke pasar Indonesia. Ponsel pintar Nokia ini menjadi perangkat Android Go pertama yang masuk ke Indonesia. 

Android Go adalah sistem operasi Android versi ringan yang cocok dipasangkan dengan smartphone kelas entry level. 

"Android Go dapat menjalankan aplikasi 15 persen lebih cepat ketimbang Android biasa," kata Trainer Lead HMD, Irvan Ridha Hasibuan, dalam peluncuran di Kota Malang. 

Nokia 1 juga didukung berbagai aplikasi versi "ringan" dari Google, seperti YouTube Go yang bisa menyimpan video secara offline, Gmail Go yang juga mendukung offline reading dan lebih sedikit memakai RAM ketimbang Gmail reguler, dan Gboard Go. 

Nokia 1 datang ke tangan konsumen dengan tanpa bloatware atau aplikasi tambahan bawaan vendor. Karenanya, Nokia 1 mempunyai ruang penyimpanan yang lebih besar. 

Dapur pacunya memakai chip quad-core MediaTek 1,1 GHz yang dipadukan dengan RAM 1 GB, dan media penyimpanan 8 GB. 

Spesifikasi lain meliputi baterai 2.150 mAh, slot kartu memori microSD (sampai 128 GB), radio FM, juga kamera belakang 5 megapiksel dengan LED flash dan kamera depan 2 megapiksel. 

"Kamera belakang dan satu kamera selfie menjawab keinginan milenial yang selalu ingin mengekspresikan diri," kata Irvan.

Di Indonesia, Nokia 1 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu warm red dan dark blue dan dijual dengan harga Rp 999.000. 


Dalam kesempatan yang sama, Marketing Head HMD Miranda Vania Warokka menyebutkan, penjualan Nokia 1 di Indonesia sebagian besar masih mengandalkan saluran offline alias toko-toko ritel. 

"Delapan puluh persen masih di channel offline. Target pemasaran masih di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)," kata Miranda. 

Miranda menyebutkan, Nokia 1 menyasar generasi milenial yang suka menjadi content creator.