Cara Melacak Ponsel Android Kamu

PULSAPERMATA.COM - Ponsel yang dicuri atau hilang adalah satu yang pasti mengganggu siapapun, bukan hanya karena nilai ponsel itu sendiri, tetapi karena ponsel umumnya menyimpan data berharga di dalamnya. Ponsel telah menjadi perangkat penyimpanan all-in-one untuk kita sekarang ini  dan itu bisa berarti kehilangan banyak momen apabila ponsel hilang atau rusak.
 
Hal yang baik setidaknya dengan smartponsel terbaru adalah bahwa smartphone sekarang dilengkapi dengan built-in perangkat GPS, yang memungkinkan ponsel untuk dilacak hampir di mana saja di dunia melalui penggunaan teknik yang tepat. Android, yaitu Sistem Operasi Google, kini umum ditemukan pada kebanyakan smartponsel di mana-mana dan memiliki sejumlah fitur yang bisa berguna dalam situasi ini. 

Bagi kamu yang belum kehilangan ponsel, Kamu bisa mengambil langkah pencegahan sedini mungkin karena masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, dan bagi Kamu yang tidak sempat melakukan apa-apa dan terlanjur kehilangan ponsel, masih ada beberapa pilihan yang bisa ditempuh. 

Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa membantu Kamu mengantisipasi sebelum kehilangan ponsel dan juga hal yang bisa Kamu lakukan untuk melacak ponsel Android Kamu dengan  mudah.

1. Tips sebelum kehilangan ponsel
Jika ponsel kesayangan Kamu masih  ada, alangkah baiknya jika Kamu mengambil tindakan pencegahan agar nantinya bila ponsel Anda hilang atau dicuri masih ada kemungkinan untuk mendapatkannya kembali.

Cara terbaik untuk mengamankan ponsel yaitu dengan menginstal salah satu  aplikasi yang tersedia di Playstore, yang tidak hanya bertindak sebagai antivirus tetapi juga memiliki built-in pilihan untuk pelacakan ponsel dalam mode "stealth" jika kartu SIM pada ponsel Kamu diubah. Intinya, Aplikasi seperti ini akan mengiriman sms ke nomor default Kamu apabila SIM card pada ponsel Kamu diganti. Jadi,  jika kamu kehilangan ponsel dan seseorang mendapati ponsel kamu dan mengganti Sim Card di dalamnya, makan ponsel akan mengirim sms rahasia ke nomor Kamu yang sudah didaftarkan sebelumnya pada Aplikasi tanpa sepengetahuan orang yang mendapati ponsel kamu.
 
Kebanyakan aplikasi ini tersedia secara gratis, tetapi ada beberapa yang memerlukan pembayaran dan menjamin bahwa ponsel akan ditemukan jika dicuri dalam hal apapun. Salah satu aplikasi Android yang bisa melakukan ini seperti Antivirus Avast.
 
2. Tips setelah kehilangan ponsel
Kehilangan ponsel adalah saat yang sangat sulit. Namun, jika ponsel Kamu terlanjur dicuri atau hilang,  masih ada harapan untuk menemukannya terutama jika ada alat pelacak GPS built-in  yang aktif pada ponsel Kamu. Selain itu, cara terbaik lainnya yaitu menghubungi sebuah perusahaan telekomunikasi yang bisa melacak ponsel melalui nomor IMEI dan menemukan lokasi keberadaan ponsel Kamu.  Jika tidak ada pilihan lain, jalan terakhir yaitu Kamu bisa mendaftarkan kasus pencurian atau kehilangan ini kepada polisi yang mungkin mereka bisa bantu
 
3. Melacak ponsel dengan aplikasi anti-theft yang terinstall
Jika Kamu memiliki salah satu aplikasi anti-theft yang terinstall pada ponsel Kamu, ada beberapa hal yang kamu bisa lakukan pada perangkat kamu yang hilang. Beberapa aplikasi anti-theft memiliki opsi untuk mengakses dan memanipulasi perangkat melalui kode-kode khusus melalui email yang Kamu kirimkan ke server aplikasi. Selain itu beberapa aplikasi juga bisa secara otomatis memberitahukan pemilikponsel melalui sms atau email apabila kartu SIM diubah. Beberapa aplikasi anti-theft antara lain "Lookout Security Anti-Theft" dan "Where's my droid"