HTC Luncurkan U11, Android yang Dapat "Diremas"


PULSAPERMATA - HTC resmi merilis smartphone bernama Android U11. Ini termasuk smartphone flagship teranyar dan juga penerus dari HTC 10 yang diluncurkan tahun lalu.

HTC U11 mempunyai fitur yang lumayan unik. Pengguna dapat "meremas" perangkat tersebut untuk mengaktifkan beberapa fungsi, seperti menyalakan kamera atau mengambil foto.

Cara kerja fungsinya seperti ini. HTC U11 didukung dengan sebuah fitur bernama Edge Sense. Fitur tersebut adalah sensor yang ditempatkan di bagian kiri dan kanan layar.

Nah, sensor itu bisa mendeteksi seberapa kuat genggaman dari penggunanya. Sebagai contoh, saat "diremas" dalam waktu tertentu, perangkat secara otomatis dapat menjalankan fungsi tertentu.

Menariknya, fungsi tersebut bisa diatur sendiri oleh pengguna. Misalnya, ketika "meremas" dalam waktu 3 detik, kamera bakal menyala. Atau saat digenggam dengan kuat dalam waktu 5 detik, lampu flash bakal menyala.

Selain itu, seperti smartphone Android keluaran tahun 2017 lainnya, HTC U11 bakal didukung dengan fitur asisten digital Google Assistant. Untuk beberapa pasar tertentu, HTC juga melengkapinya dengan asisten digital Amazon Alexa.

Ya, perangkat ini didukung dengan dua asisten digital sekaligus, walau di pasar tertentu.

HTC U11 mempunyai layar Super LCD 5 seluas 5,5 inci yang mendukung resolusi QHD. Layar itu masih dilindungi lagi dengan kaca Gorilla Glass 5.

Dari sisi "jeroan", sebagaimana di rangkum dari GSMArenaRabu (17/5/2017), HTC U11 didukung dengan spesifikasi kelas atas. Pengguna bakal menemukan chipset Snapdragon 835, lengkap dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Juga, di luar AS, produk ini hadir dengan versi RAM 6 GB dan media penyimpanan 128 GB.

Dari sektor kamera, HTC memakai teknologi UltraPixel 3 dengan sensor 12 megapiksel. Teknologi yang ada di kamera itu seperti aperture F/1.7, OIS, ukuran micron pixel 1,4, dual LED flash, dan kemampuan merekam video 4K.

Di bagian depannya ada kamera 16 megapiksel yang dapat merekam video 1080p dan juga selfie panorama.

Selain itu, HTC U11 disokong port USB Type-C, bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11ac, NFC, GPS, GLONASS, IP67, dan baterai 3.000 mAh. Tak ada port audio 3,5 mm di perangkat ini.

HTC U11 sendiri dijual dengah harga yang lumayan tinggi, yakni 749 euro atau sekitar Rp 11 juta. Belum diketahui apakah HTC U11 bakal menyambangi pasar Indonesia atau tidak.