Xiaomi Tengah Siapkan Ponsel Murah Android One, Indonesia Kebagian Pertama?


PULSAPERMATA Google digosipkan tengah bekerja sama dengan Xiaomi untuk meluncurkan lini ponsel murah Google, Android One terbaru. Hal ini diklaim termasuk strategi yang pas, mengingat keduanya memiliki kesamaan visi dan dapat sama-sama menguntungkan.

Xiaomi fokus pada perangkat-perangkat murah, sama seperti tujuan diinisiasinya proyek Android One. Dalam hal ini Google diuntungkan karena Xiaomi telah memiliki rekam jejak bisnis yang baik di negara berkembang.

Sementara itu keuntungan untuk Xiaomi adalah memperoleh sistem operasi Android murni yang lebih tangguh. Tidak perlu ada software pendukung MIUI yang selalu menambah fragmentasi dalam penjajalan smartphone.

Menurut beberapa rumor, perangkat Xiaomi dengan Android One akan dinamai "Xiaomi A1" atau "Xiaomi Tissot". Prosesornya diprediksi memakai Snapdragon 625.

Sumber dalam memprediksi perangkat Xiaomi dengan Android One akan dibandrol pada kisaran 250 dollar AS atau setara Rp 3,3 jutaan.

Adapun dua negara yang disebut-sebut akan kebagian perangkat itu pertama kali adalah Indonesia dan India, sebagaimana dilaporkan XDA Developers, Senin (21/8/2017).

Berbagai informasi awal ini belum memperoleh konfirmasi resmi dari Xiaomi atau Google. Karenanya, belum ada yang dapat memastikan kebenarannya.

Diketahui, Android One adalah proyek yang dirilis Google pada 2014 lalu. Menyasar negara-negara berkembang semacam India dan Indonesia, Android One diharapkan meningkatkan penetrasi pengguna smartphone di dunia.

Android One disajikan dengan harga murah yang menyesuaikan dengan daya beli pasar low-end. Walau demikian, proyek ini tak seindah harapannya.

Xiaomi mendominasi pasar India lewat lini Mi 3 dan Redmi Note 4 saat Android One masuk. Alhasil, Android One tak bisa bersaing dan terseok-seok menghadapi persaingan.

Bila benar Android One meminang Xiaomi, akankah antusiasme masyarakat di negara-negara berkembang positif? Kita lihat saja.