Xiaomi Resmikan Peluncuran Redmi Note 5A, Berapa Harganya?


PULSAPERMATA  Xiaomi Redmi Note 5A akhirnya diluncurkan secara resmi sesudah ramai dibicarakan sejak pekan lalu. Lini tersebut diklaim menjadi penerus Redmi 4A yang rilis pada November 2016.

Redmi 4A adalah ponsel murah yang banyak dikeluhkan. Redmi Note 5A sepertinya diproyeksikan untuk obat atas kekecewaan masyarakat.

Dibubuhi embel-embel "Note", Redmi Note 5A membawa layar seluas 5,5 inci yang lebih besar daripada Redmi 4A. Material bodinya pun ditingkatkan dari polikarbonat menjadi metal.

Ada tiga varian yang tersedia berdasarkan spesifikasinya. Pertama versi dengan RAM 2 GB, memori 16 GB, dan prosesor Snapdragon 425.Versi pertama tak didukung pemindai sidik jari.

Kedua adalah versi RAM 3 GB, memori 32 GB, prosesor Snapdragon 435, didukung pemindai sidik jari. Yang paling premium mempunyai RAM 4 GB, memori 64 GB, Snapdragon 435, juga pemindai sidik jari.

Redmi Note 5A menghadirkan kamera 16 megapiksel di sisi depan, meningkat dari kamera 5 megapiksel pada Redmi 4A. Khusus untuk varian kedua dan ketiga, kamera depan didukung flash untuk menunjang selfie pada kondisi minim cahaya.

Kamera belakang Redmi Note 5A seragam dengan kualitas sensor 13 megapiksel, bukaan f/2,2.  Beberapa fitur sensornya adalah PDAF untuk fokus yang apik, HDR untuk ketajaman, juga low-light enhancement untuk menyesuaikan cahaya dalam kondisi remang-remang.

Akhirnya Xiaomi mengembalikan slot microSD pada Redmi Note 5A setelah fitur itu lama tak hadir di perangkat-perangkatnya. Pengguna dapat menambah memori sampai 128GB, sebagaimana dihimpun dari Gizmochina.

Lini termutakhir ini hadir dalam warna Champagne Gold, Platinum Silver Gray, dan Platinum Silver Rose. Harganya mulai 105 dollar AS atau Rp 1,4 jutaan untuk varian pertama.

Varian kedua dan ketiga masing-masing dibanderol 135 dollar AS (Rp 1,8 jutaan) dan 180 dollar AS (Rp 2,4 jutaan). Belum jelas kapan ponsel ini bakal hadir di Indonesia.