Inikah Penampakan Ponsel "Bezel-less" Pertama Nokia?



PULSAPERMATA - Layar minim bingkai (bezel-less) yang memenuhi bagian depan sepenuh mungkin tengah menjadi tren di kalangan vendor smartphone. Setelah Samsung, LG, Xiaomi, lalu Apple, sekarang giliran Nokia yang sepertinya menyiapkan smartphone "bezel-less".

Perangkat dimaksud bernama Nokia 9 yang sebelumnya sudah pernah hadir di bocoran benchmark Geekbench. Bocoran terbaru memperlihatkan sosoknya dalam gambar rendering yang diedarkan oleh akun Twitter @WaqarKhanHD.

Dalam gambar yang lumayan meyakinkan itu, Nokia 9 tampak membawa desain mirip seri Galaxy S8 dari Samsung, dengan bingkai tipis di bagian atas dan bawah layar. Sementara sisi kiri dan kanan layar melengkung sehingga terlihat seolah tak mempunyai pembatas.

Di punggungnya tertanam unit kamera ganda dengan lensa Carl Zeiss. Kamera ganda itu ditata dalam orientasi vertikal (atas-bawah), berikut pemindai sidik jari berbentuk bundar.

Layar Nokia 9 diprediksi bakal mempunyai spesifikasi serupa Nokia 8, dengan layar berukuran 5,3 inci atau 5,5 inci dan berjenis AMOLED.

Di dalamnya, sebagaimana dirangkum dari GSM Arena, kemungkinan akan tertanam dapur pacu Snapdragon 835 dan kamera dengan dua sensor Sony IMX 258, masing-masing dikhususkan untuk menangkap foto full-color dan monokrom. Konfigurasi kamera ganda serupa juga dipakai di Nokia 8.

Dengan banderol yang diperkirakan mencapai 750 poundsterling (sekitar Rp 13,5 juta), Nokia 9 sepertinya akan diposisikan di atas Nokia 8. Tetapi tak seperti Nokia 8, Nokia 9 kabarnya bakal didukung kemampuan tahan air dengan sertifikasi IP68.