Jangan Upgrade Smartphone Anda ke Android 8.0 Oreo, Alasannya?


PULSAPERMATA - Google memang telah meluncurkan sistem operasi Android 8.0 Oreo untuk smartphone tipe Nexus, Pixel, dan beberapa perangkat dari merek lain. Walau begitu, Anda sebaiknya tak terburu-buru dan menunda dulu niat untuk mengunduh pembaruan itu.

Pasalnya, ada laporan yang menyatakan jika pembaruan Android 8.0 Oreo tersebut masih bermasalah dan dapat membuat smartphone mengalami malfungsi.

Sebagaimana dilansir dari Uber Gizmo, salah satunya adalah Artem Russakovskii dari Android Police. Dia memakai smartphone Google Pixel XL.

Menurut Artem Russakovskii, setelah memperbarui sistem operasi Google Pixel XL miliknya ke Android 8.0 Oreo, smartphone itu jadi sering melakukan reboot. Pola reboot itu terjadi secara acak dan dalam frekuensi yang amat mengkhawatirkan.

Kemudian diketahui bahwa jika masalah itu tak cuma terjadi pada Artem Russakovskii. Sesudah Android Police melakukan jajak pendapat lewat akun Twitter resminya, banyak pengguna yang mengeluh mendapat masalah sama.

Masalah itu pun sudah dilaporkan pada Google Issue Tracker, yaitu alat pelacak bug dan fitur yang biasanya dipakai secara internal di masa pengembangan sebuah produk. Anehnya, laporan ini malah ditandai sebagai “won’t fix (not reproducible)”.

Sampai sekarang masih belum jelas masalah apa yang menyebabkan terjadinya malfungsi pada pembaruan itu. Tetapi beberapa pengguna yang sukses roll-back ke sistem operasi Android Nougat, tak lagi mengalami masalah serupa. Artinya sumber masalah diduga kuat ada pada software Android Oreo.

Google sendiri sudah menganggapi adanya masalah pembaruan softaware tersebut. Mereka mengklaim sekarang tengah berusaha menyelesaikan masalahnya.

“Kami yakin hal itu disebabkan oleh masalah dalam file decriptor, tetapi sulit untuk mengonfirmasi kebenarannya tanpa menemukan konteks. Sekarang kami tengah bekerja memerbaikinya, dan memastikan supaya penanganan untuk masalah ini di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan lebih baik,” demikian keterangan resmi Google.