Mi Mix 2 Tak Punya Lubang Colokan Earphone? Begini Penjelasan Xiaomi


PULSAPERMATA Setelah sekian lama menjadi rumor, Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan smartphone hampir tanpa bingkai, Mi Mix 2. Perangkat itu diperkenalkan dalam sebuah event di Beijing University of Technology, China, Senin (11/9/2017).

Seperti iPhone 7 yang diluncurkan pada 2016 lalu, Mi Mix 2 hadir tanpa port audio standar 3,5 mm yang biasa ditemukan di banyak smartphone yang beredar saat ini.

Sebagai pengganti, pengguna dapat menggunakan port USB Type-C. Pengguna tinggal mencolokkan aksesori khusus, yaitu kabel konverter USB Type-C ke audio.

Lalu, apa alasan Xiaomi menghilangkan port audio 3,5 mm di Mi Mix 2? Padahal, Mi Mix generasi pertama sendiri masih didukung dengan port tersebut.

Menurut Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, perangkat tanpa port audio 3,5 mm sebenarnya telah menjadi hal normal baru di tahun 2017.

Kemudian, pengguna Xiaomi telah banyak yang memakai speaker nirkabel (Bluetooth). Oleh karena itulah, Xiaomi memutuskan untuk menghilangkan port audio di Mi Mix 2.

"Konsumen kami telah mempunyai speaker Bluetooth, jadi ini adalah langkah alami berikutnya bagi kami," ujar Donovan Sung.

Walau demikian, Donovan Sung belum dapat memastikan apakah semua smartphone Xiaomi seri berikutnya akan menghilangkan port audio atau tidak.

Xiaomi Mi Mix 2 hadir dengan layar seluas 5,99 inci. Resolusinya mencapai 2.160 x 1.080 piksel.

Smartphone hampir tanpa bingkai terbaru Xiaomi ini didukung dengan chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB/8 GB (cumaa edisi khusus), dan media penyimpanan 128 GB/256 GB. Baterainya sendiri berkapasitas 3.400 mAh.

Xiaomi Mi Mix 2 didukung sensor kamera IMX386 dengan resolusi 12 megapiksel di bagian belakang. Sementara itu, kamera depan Xiaomi Mi Mix 2 mengusung sensor resolusi 5 megapiksel.